Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Melalui Pemanfaatan Quipper School di SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan

nurjannah, silfi (2025) Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Melalui Pemanfaatan Quipper School di SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negri Kiai Haji Achamad Sidiq Jember.

[img] Text
Silfi Nurjannah watermark (1) (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Konteks penelitian ini dilatarbelakangi karena permasalahan pengembangan pedagogik guru melalui pemanfaatan Quipper School. Pada realita yang terjadi guru itu sendiri memiliki beberapa kendala dalam aspek pedagogik. Seperti kurangnya kemampuan guru untuk merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan dan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. Permasalahan inilah yang menjadi kelemahan kompetensi pedagogik guru, sehingga guru tidak dapat menguasai kelas secara maksimal ketika pembelajaran. Dari permasalahan inilah guru memanfaatkan Quipper School dengan harapan mampu meminimalisir permasalahan yang dihadapi.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana teknik pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI melalui pemanfaatan Quipper School di SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan Tahun Ajaran 2023/2024?, (2) Bagaimana aspek pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI melalui pemanfaatan Quipper School Di SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan Tahun Ajaran 2023/2024?, (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI. Di SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan Tahun Ajaran 2023/2024?
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan. Teknik penentuan informan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pada teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian: 1) Teknik pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI melalui pemanfaatan Quipper School di SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan, yaitu seminar. 2) Aspek pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI melalui pemanfaatan Quipper School Di SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan sebagai berikut: aspek yang ditunjang meliputi pemanfaatan teknologi dan evaluasi hasil belajar. Namun, aspek yang tidak ditunjang melalui penerapan Quipper School meliputi pemahaman wawasan atau landasan kependidikan dan lain-lain 3) Faktor pendukung dan penghambat pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI Di SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan sebagai berikut: faktor pendukung adalah kepala sekolah dan guru sedangkan faktor penghambatnya adalah siswa dan sarpras sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100605 Performance Evaluation; Testing and Simulation of Reliability
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SILFI NURJANNAH
Date Deposited: 24 Jun 2025 09:26
Last Modified: 24 Jun 2025 09:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43769

Actions (login required)

View Item View Item