Ghaziyah Suja’i, Qays (2025) Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Mihtajul Ulum Patas Taahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Qays Ghaziyah Suja’i_211101090026.pdf Download (64MB) |
Abstract
Qays Ghaziyah Suja’i, 2025 : Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Mihtajul Ulum Patas Taahun Ajaran 2024/2025.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar IPS
Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di SMP Mihtaul Ulum Patas Kurangnya kepedulian dan kedisiplinan siswa dalam pelajaran IPS di SMP Mihtajul Ulum disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar, terutama karena latar belakang orang tua yang umumnya bekerja sebagai nelayan, buruh, dan petani. Selain itu, minimnya fasilitas belajar seperti proyektor, laboratorium IPS, komputer dan dll yang turut menghambat proses pembelajaran. Lingkungan belajar yang tidak mendukung berdampak pada motivasi siswa, konsentrasi, dan hasil belajar, yang terbukti dari nilai siswa yang masih di bawah KKM.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Mihtajul Ulum Patas? 2) Apakah terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Mihtajul Ulum Patas? 3) Apakah terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan lingkungan belajar siswa secara simultan pada mata pelajaran IPS di SMP Mihtajul Ulum Patas?
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Mihtajul Ulum Patas. 2) Mendeskripsikan pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Mihtajul Ulum Patas. 3) Mendeskripsikan pengaruh antara motivasi belajar dan lingkungan belajar siswa secara simultan pada mata pelajaran IPS di SMP Mihtajul Ulum Patas.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian regresi yang dilaksanakan di SMP Mihtajul Ulum Patas 90 siswa, Penentun jumlah sampel dilakukan menggunakan rumus slovin, sehingga diperoleh sebanya 73 siswa. Dengan menerapkan Stratified Cluster Rendom Sempling. Teknik pengumpulan data menggunakan konsioner atau angket dan dokumentasi. Analisis data menerapkan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 26.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Hasil uji t menunjukkan bahwa motivasi belajar (X1) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Y), karena nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, H₀ ditolak dan hasil analisis dinyatakan dapat diterima. 2) Hasil uji t menunjukkan bahwa lingkungan belajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Y), karena nilai signifikansinya sebesar 0,000 (< 0,05). Dengan demikian, H₀ ditolak dan hasil analisis penelitian ini dapat diterima. 3) Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 48,689 dengan signifikansi 0,000 (< 0,05), sehingga H₀ ditolak. Ini berarti motivasi belajar (X1) dan lingkungan belajar (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1606 Political Science > 160601 Australian Government and Politics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Sis Qays Suja'i |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 09:40 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 09:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |