Pengembangan E-Lkpd Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Perdagangan Internasional Kelas VIII di SMP Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.

Maulina Nur Agustin, Riska (2025) Pengembangan E-Lkpd Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Perdagangan Internasional Kelas VIII di SMP Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riska Maulina Nur Agustin.pdf

Download (37MB)

Abstract

Riska Maulina Nur Agustin, 2025: Pengembangan E-Lkpd Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Perdagangan Internasional Kelas VIII di SMP Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Pembelajaran IPS, E-LKPD, Model ADDIE
Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 4 Jember, yang disebabkan oleh keterbatasan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-LKPD pada materi Perdagangan Internasional kelas VIII sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan: Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket validasi ahli, angket respon siswa, dan angket minat belajar. Hasil validasi produk menunjukkan bahwa e-LKPD memperoleh skor validasi sebesar 90,67% dari ahli media, 92,17% dari ahli materi, dan 87,5% dari ahli bahasa, dengan rata-rata keseluruhan sebesar 90,11%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Sementara itu, hasil respons siswa terhadap produk pada uji coba skala kecil menunjukkan skor sebesar 81,96%, dan pada uji coba skala besar sebesar 83,75%. Keduanya termasuk dalam kategori sangat praktis, yang mengindikasikan bahwa media ini layak atau praktis digunakan dalam pembelajaran. Kepraktisan produk juga dinilai oleh guru IPS dengan skor rata-rata sebesar 85,4%, dalam kategori sangat praktis. Efektivitas produk dilihat dari peningkatan minat belajar siswa, yang menunjukkan rata-rata peningkatan skor minat sebesar 23,18%, Hal ini menunjukkan bahwa e-LKPD ini efektif dalam meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD ini valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160302 Fertility
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Riska Maulina Nur Agustin
Date Deposited: 24 Jun 2025 12:57
Last Modified: 24 Jun 2025 12:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43785

Actions (login required)

View Item View Item