PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM TATA SURYA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 JEMBER

Farah, Aini Aulia (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM TATA SURYA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan: Tadris IPA.

[img] Text
SKRIPSI Aini Aulia Farah 212101100006-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Aini Aulia Farah, 2025: Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas Di VII Smp Negeri 1 Jember.

Kata kunci: Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar, Sistem Tata Surya.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA, khususnya materi Sistem Tata Surya, akibat penggunaan model Discovery Learning yang kurang efektif. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang menggabungkan unsur permainan dan kompetisi, serta menggunakan media Question Card untuk meningkatkan interaksi dan pemahaman siswa.

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang diterapkan pada materi Sistem Tata Surya di kelas VII SMP Negeri 1 Jember. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Tata Surya di kelas VII Smp Negeri 1 Jember.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experiment dan desain Post-test Only Nonequivalent Group Design. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan 33 siswa, dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan 34 siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran TGT diakukan melalui 4 tahapan : Pertama Presentasi Kelas, Kedua Pembelajaran Kelompok, Ketiga Permainan (games), Keempat Penghargaan Tim. (2) Adanya Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Tata Surya Di Kelas VII SMP Negeri 1 Jember. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji mann-whitney untuk posttest diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mrs Aini Aulia Farah
Date Deposited: 25 Jun 2025 01:57
Last Modified: 25 Jun 2025 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43806

Actions (login required)

View Item View Item