PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS MIFTAHUL HUDA MUNCAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Rosidah, Layyinatur (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS MIFTAHUL HUDA MUNCAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
LAYYINATUR ROSIDAH_211101010001.pdf

Download (5MB)

Abstract

Layyinatur Rosidah, 2025: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di MTS Miftahul Huda Muncar Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament, Motivasi Belajar, Fiqih.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas VIII MTs Miftahul Huda Muncar tahun pelajaran 2024/2025. Kondisi ini tercermin dari kurangnya partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran, minimnya antusiasme dalam mengikuti kegiatan kelas, serta rendahnya rasa ingin tahu terhadap materi yang disampaikan.
Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas muncul rumusan masalah yang menjadi topik utama dalam penelitian kali ini. Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Miftahul Huda Muncar tahun pelajaran 2024/2025?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Miftahul Huda Muncar tahun pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis kuantitatif dengan metode eksperimen (quasi-experimental design) dan desain penelitian non-equivalent control group design. Dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda. Dalam pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji sampel t-test.
Dari hasil penelitian, model pembelajaran pada pelajaran fiqih ditemukan perbedaan motivasi belajar antara kelas yang dibelajarkan menggunakan model Teams Games Tournament dengan kelas yang dibelajarkan model konvensional. Pernyataan dibuktikan melalui hasil uji statistik pada variabel Y menggunakan independent sample t-test yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan rata-rata pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif tipe teams games tournament dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament terbukti lebih berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MS LAYYINATUR ROSIDAH
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:13
Last Modified: 25 Jun 2025 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43836

Actions (login required)

View Item View Item