Tingalingtiyas, Mundi (2025) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MENGENAL HURUF ALPHABET PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI ANUBAN BAN YANING NARATHIWAT, THAILAND SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Mundi Tingalingtiyas_212101050018.pdf Download (7MB) |
Abstract
Mengenal huruf merupakan hal yang sangat penting bagi anak usia dini. Mengenal huruf merupakan langkah awal yang penting dalam proses anak belajar membaca dan menulis. Kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini dibedakan sesuai dengan capaian pada setiap usia. Mengenal huruf tergolong dalam aspek perkembangan bahasa dan kognitif anak. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan mengenal huruf pada anak kelas 3-2 Anuban Ban Yaning Narathiwat adalah dengan melalui pembiasaan. Kesulitan mengenal huruf bagi anak usia dini biasanya didasari dengan faktor hambatan 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana upaya guru dalam mengenalkan huruf pada anak usia 5-6 tahun di Anuban Ban Yaning Narathiwat, Thailand Selatan? 2) bagaimana upaya guru dalam membantu melafalkan huruf pada anak usia 5-6 tahun di Anuban Ban Yaning Narathiwat Thailand Selatan?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di Anuban Ban Yaning Narathiwat, Thailand Selatan. 2) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membantu melafalkan huruf pada anak usia 5-6 tahun di Anuban Ban Yaning Narathiwat, Thailand Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengenalkan huruf pada anak usia dini adalah dengan pembiasaan membaca poster pada awal pembelajaran dan dilakukan pada kegiatan lainnya dengan menggunakan media ipad dalam bentuk audio visual. 2) upaya yang dilakukan oleh guru dalam membantu melafalkan huruf yaitu dengan melalui pembiasaan membaca poster pada kegiatan penutup dengan lagu, dan pada kegiatan penutup sebelum pulang melalui buku bergambar.
Kata kunci: Upaya Guru, Kesulitan Mengenal Huruf, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Miss Mundi Tingalingtiyas |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 03:59 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 03:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |