Indriani, Fitria (2025) Pemanfaatan Industri Tahu Sebagai Sumber Belajar IPS Pada Materi Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
SKRIPSI Fitria Indriani WM-1.pdf Download (18MB) |
Abstract
Kata Kunci: Industri Tahu, Sumber Belajar, Kegiatan Ekonomi
Penggunaan Industri Tahu sebagai sumber belajar dalam mata pelajaran IPS bertujuan agar proses pembelajaran dapat memanfaatkan elemen-elemen dari lingkungan sebagai pendukung keberhasilan pendidikan di sekolah. Dengan kata lain, segala sesuatu yang ada di lingkungan dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang bermanfaat bagi siswa, termasuk Industri Tahu. Ini juga dapat meningkatkan potensi siswa dalam mengembangkan diri mereka dalam pembelajaran IPS.
Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana Perencanaan pemanfaatan industri tahu sebagai sumber belajar IPS pada materi Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tamanan? 2) Bagaimana pelaksanaan pemanfaatan industri tahu sebagai sumber belajar IPS pada materi Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tamanan? 3) Bagaimana evaluasi pemanfaatan industri tahu sebagai sumber belajar IPS pada materi Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tamanan?. Adapun Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana Perencanaan pemanfaatan industri tahu sebagai sumber belajar IPS pada materi Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tamanan, 2) Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan pemanfaatan industri tahu sebagai sumber belajar IPS pada materi Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tamanan, 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi pemanfaatan industri tahu sebagai sumber belajar IPS pada materi Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tamanan
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini bertempat di SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso. Penentuan subjek dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, pengumpulan data dengan tiga tahapan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisisi data melalui tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dan kebasahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pemanfaatan industri tahu sebagai sumber belajar IPS pada materi Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tamanan guru menyusun modul ajar berdasarkan materi yang ada pada buku teks. Pelaksanaan pemanfaatan industri tahu sebagai sumber belajar IPS pada materi Kegiatan Ekonomi meliputi 1) menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, 2) mengulas materi sebelumnya, 3) melakukan ice breaking, 4) menunjuk kelomok, 5) membimbing jalannya diskusi, 6) meminta kelompok mempresentasikan hasil kerja, dan 7) melakukan refleksi. Evaluasi pemanfaatan industri tahu sebagai sumber belajar IPS pada materi Kegiatan Ekonomi memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, 3) menggunakan rubrik penilaian untuk presentasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ms Fitria Indriani |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 04:10 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 04:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43858 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |