Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Lateng Banyuwangi

Bintang, Sentrys Cahaya (2025) Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Lateng Banyuwangi. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SENTRYS CAHAYA BINTANG_233206040013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (41MB)

Abstract

Bintang, Sentrys Cahaya, 2025. Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Lateng Banyuwangi. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Moh Sutomo M.Pd. Pembimbing II: Dr. Mu’alimin, M.Pd

Kata Kunci: media pembelaran, Powerpoint interaktif, aplikasi android, hasil belajar.

Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran interaktif yaitu Powerpoint interaktif berbasis aplikasi android pada pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas vi di SDN 3 Lateng Banyuwangi. Peneliti berinisiatif untuk mengembangkan Powerpoint interaktif berbasis aplikasi android karena kurangnya pemanfaatan sumber belajar yang berasa dari media pembelajaran digital interaktif serta kurangnya hasil belajar peserta didik pada Mata pelajaran IPAS materi sistem tata surya. Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan media yang membuat peserta didik tertarik dan aktif dalam pembelajaran IPAS.
Adapun Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu; 1) Bagaimana Validitas Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Lateng Banyuwangi? 2) Bagaimana Praktikalitas Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Lateng Banyuwangi. 3) Bagaimana Efektivitas Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Lateng Banyuwangi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data didapatkan dari angket, observasi dan dokumen. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data mencakup lembar angket, lembar observasi, dan lembar tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan persentase dan N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kevalidan media pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 80% yang artinya termasuk kategori “valid”, kevalidan pada ringkasan materi menghasilkan presentase 86,25% yang artinya termasuk kategori “sangat valid”, kevalidan bahasa menghasilkan presentase 88% yang artinya termasuk kategori “sangat valid”, sehingga kevalidan keseluruhan menghasilkan presentase 86,15%. 2) Kepraktisan media pembelajaran dari respon siswa sebesar 90,74% dari seluruh aspek yang dinilai dengan kategori “sangat praktis”. 3) Tingkat keefektifan media yang diuji menggunakan N-Gain mendapat skor 58,82% ini membuktikan bahwa media yang dikembangkan peneliti cukup efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160302 Fertility
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sentrys Cahaya Bintang
Date Deposited: 25 Jun 2025 04:48
Last Modified: 25 Jun 2025 04:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43860

Actions (login required)

View Item View Item