KOLABORASI GURU FIKIH DENGAN GURU PENDAMPING ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENANAMKAN NILAI IBADAH WUDHU DAN SHALAT PESERTA DIDIK DI SMP SCIENCE QUR’AN AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Azzahiyyah, Shofiatul Jinan (2025) KOLABORASI GURU FIKIH DENGAN GURU PENDAMPING ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENANAMKAN NILAI IBADAH WUDHU DAN SHALAT PESERTA DIDIK DI SMP SCIENCE QUR’AN AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI JINAN FIKS DISTRIBUSI WATERMARK.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tantangan yang dialami guru fikih dalam proses pembelajaran di kelas inklusi, yaitu dalam menanamkan nilai ibadah wudhu dan shalat kepada siswa, terutama siswa
berkebutuhan khusus, baik dari segi pemahaman materi maupun penerapan ibadah dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan adanya kerjasama guru pendamping ABK yang memiliki peran penting dalam membantu dan membimbing siswa berkebutuhan khusus memahami materi yang disampaikan oleh guru fikih.
Fokus penelitian ini meliputi tiga aspek utama, yaitu 1) Bagaimana perencanaan kolaborasi guru fikih dengan guru pendamping abk dalam menanamkan nilai ibadah wudhu dan shalat siswa di smp science qur‟an al-irsyad al-islamiyyah jember, 2) Bagaimana pelaksanaan kolaborasi guru fikih dengan guru pendamping ABK dalam menanamkan nilai ibadah wudhu dan shalat siswa di smp science qur‟an al-irsyad al-islamiyyah jember 3) Bagaimana evaluasi kolaborasi guru fikih dengan guru pendamping abk dalam menanamkan nilai ibadah wudhu dan shalat siswa di smp science qur‟an al-irsyad al-islamiyyah jember?.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci kolaborasi guru fikih dengan guru pendamping anak berkebutuhan khusus, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi kolaborasi guru fikih dengan guru pendamping anak berkebutuhan khusus dalam menanamkan nilai ibadah wudhu dan shalat siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian dilakukan di SMP Science Qur‟an Al- Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Analisis data mengikuti model Miles, Huberman dan Johnny Saldana yang mencakup tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) tahap perencanaan meliputi, analisis karakteristik dan kemampuan siswa, membuat modul ajar materi wudhu dan sholat, menyiapkan media pembelajaran berupa video tata cara wudhu dan sholat, serta menyederhanakan materi wudhu dan sholat, 2) tahap pelaksanaan meliputi tiga bagian utama, yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup, 3) tahap evaluasi meliputi dua bentuk evaluasi, yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shofiatul Jinan Azzahiyyah
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:21
Last Modified: 25 Jun 2025 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43928

Actions (login required)

View Item View Item