IMPLEMENTASI METODE YANBU'A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN HIDAYATUL MUBTADI'IN DESA GRAJAGAN KECAMATAN PURWOHARJO

Velika, Maulidyana (2022) IMPLEMENTASI METODE YANBU'A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN HIDAYATUL MUBTADI'IN DESA GRAJAGAN KECAMATAN PURWOHARJO. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
VELIKA SKRIPSI LENGKAP-2.pdf

Download (9MB)

Abstract

Velika Maulidyana, 2021: “Implementasi Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an Santri di Taman Pendidikan al-Qur’an Hidayatul Mubtadi’in Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo”.

Kata Kunci: Metode Yanbu’a, Kemampuan Membaca al-Qur’an Santri di Taman Pendidikan al-Qur’an Hidayatul Mubtadi’in Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo

Taman Pendidikan al-Qur’an Hidayatul Mubtadi’in telah menggunakan metode Yanbu’a untuk memperbaiki bacaan anak dengan baik dan benar. Karena metode Yanbu’a merupakan metode membaca, menulis, dan menghafal al-Qur’an yang disusun berdasarkan tingkatan pembelajaran al-Qur’an untuk mengenal, membaca dan menulis huruf hijaiah. Kaidah-kaidah kemampuan membaca al-Qur’an yaitu membaca dengan tartil dan lancar, membaca huruf-huruf hijaiah sesuai makhrajnya, membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri di Taman Pendidikan al-Qur’an Hidayatul Mubtadi’in Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo. 2) Untuk mendeskripsikan faktor yang menghambat dan mendukung dari implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri di Taman Pendidikan al-Qur’an Hidayatul Mubtadi’in Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo.
Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis kualitatif Miles dan Huberman. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi data dan bahan referensi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri di Taman Pendidikan al-Qur’an Hidayatul Mubtadi’in Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo, 1) Proses pembelajaran metode Yanbu’a dilakukan dengan dua teknik yaitu klasikal dan individual. 2) Faktor pendukung dari metode Yanbu’a yaitu adanya kepedulian orang tua dengan adanya bimbingan di rumah dan mudahnya metode Yanbu’a dapat dipahami dan dimengerti sehingga anak merasa senang. Faktor penghambat metode Yanbu’a yaitu sarana dan pra sarana yang belum memadai, lingkungan yang kurang mendukung dapat menjadikan konsentrasi anak terganggu, kurangnya pengajar dikarenakan banyaknya santri di Taman Pendidikan al-Qur’an Hidayatul Mubtadi’in.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mrs Velika Maulidyana
Date Deposited: 14 Feb 2022 08:21
Last Modified: 14 Feb 2022 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item