Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Quarted Card Terhadap Hasil belajar Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP PGRI Mumbulsari

Hasanah, Widiatul (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Quarted Card Terhadap Hasil belajar Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP PGRI Mumbulsari. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAN NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Widiatul Hasanah_211101100011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci : NHT (Numbered head together), Quartet Card, Hasil Belajar, klasifikasi makhluk hidup.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil koognitif peserta didik kelas VII di SMP PGRI Mumbulsari, yang didasari hasil ulangan peserta didik kelas VII pada mata pelajaran IPA masih belum maksimal. Hasilnya kurang lebih 50% peserta didik yang belum tuntas KKM. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat kepada pendidik tanpa melibatkan peran aktif peserta didik dalam pembelajaran dan seringkali menggunakan pembelajaran konvensional yang mengakibatkan peserta didik sulit memahami suatu materi pelajaran. Selain itu, kecenderungan peserta didik yang lebih menyukai pembelajaran disertai gambar menjadi salah satu faktor ketertarikan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif yang diharapkan menjadi solusi yaitu dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered head together) berbantuan Quarter card yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada materi IPA.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan Quartet Card terhadap hasil belajar peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMP PGRI Mumbulsari dengan Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Berbantuan Quartet Card berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup.
Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan desaign Nonequivalent control group. Pengambilan sampel menggunakan teknik jenuh sampling yaitu kelas VII-B sebagai kelas kontrol dan kelas VII-A sebagai kelas eksperimen, masing-masing kelas berjumalah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalaha uji Independent Sample T-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT (numbered head together) berbantauan Quartet card memiliki pengaruh terhadap peserta didik kelas VII pada materi klasifikasi Makhluk Hidup. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Independent sample T-test untuk posttest diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Widiatul Hasanah
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:20
Last Modified: 25 Jun 2025 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43979

Actions (login required)

View Item View Item