ELLY WAHYU NINGSIH, 084 121 004 (2016) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SRONO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
1. COVER REVISI JADI 1.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (628kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (881kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II .pdf Download (948kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB III KASIH HALAMAN.pdf Download (827kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB IV KASIH HALAMAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB V KAISH HALAMAN.pdf Download (669kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA KASIH HALAMAN.pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text
11. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (867kB) | Preview |
Abstract
Ellys Wahyu Ningsih, 2016: “Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Negeri Srono Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Belajar merupakan sebuah proses bagi siswa dalam membangun gagasan atau pemahaman tersendiri, strategi diskusi dan demonstrasi merupakan suatu strategi pembelajaran yang harus disesuaikan dengan jenis materi, karakteristik siswa, serta situasi atau kondisi dimana
proses pembelajaran tersebut berlangsung.Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi strategi pembelajaran aktif melalui metode diskusi pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Srono
Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana implementasi strategi pembelajaran aktif melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017?
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan implementasi strategi pembelajaran aktif melalui metode diskusi pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. (2) Mendiskripsikan implementasi strategi pembelajaran aktif melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif penentuan subyeknya menggunakan purposive sampling, metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif serta keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode.
Penelitian ini memperoleh beberapa kesimpulan (1) Berdasarkan strategi pembelajaran Aktif melalui metode diskusi yakni dari awal pembelajaran guru memberikan informasi atau penjelasan tentang masalah tugas dalam diskusi, lalu mempersiapkan sarana dan prasarana untuk
melakukan diskusi atau tempat, peserta, dan waktu pelaksanaan diskusi. Kedua, Pelaksanaan meliputi: Siswa melakukan diskusi, guru merangsang peserta didik agar seluruh peserta dapat berpartisipasi dalam diskusi, memberikan kesempatan kepada semua anggota untuk berperan
aktif, mencatat hal yang penting, memberikan tanggapan atau saran dan ide-ide yang penting. Ketiga, Evaluasi meliputi: guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan diskusi, menilai hasil diskusi (2) Berdasarkan strategi pembelajaran aktif melalui metode demonstrasi
yakni dari awal pembelajaran guru mempersiapkan segala alat-alat yang akan digunakan, lalu mencontohkan terlebih dahulu materi apa yang akan disajikan kepada peserta didik sehingga peserta didik benar-benar dapat mengamati dan memahami apa yang di sampaikan atau ditunjukkan oleh guru tersebut. Kedua, Pelaksanaan meliputi: Siswa melakukan praktek atau memperagakan suatu gerakan-gerakan sholat, disertakan siswa dapat mencatat atau menirukan
dalam proses praktek tersebut, juga diharapkan dapat memberikan tanggapan atau saran dan ideide yang penting. Ketiga, Evaluasi meliputi: guru memberikan penilaian atau membicarakan kelebihan dan kekurangan yang telah dikerjakan oleh peserta didik tersebut.
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 03:55 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 03:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44 |
Actions (login required)
View Item |