pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Pakusari tahun 2024/2025

putri, zakiyah kamila (2025) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Pakusari tahun 2024/2025. Undergraduate thesis, FTIK.

[img] Text
ZAKIYAH KAMILA PUTRI _211101090027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di SMPN 1 Pakusari terlihat bahwa metode pembelajaran yang diterapkan masih cenderung bersifat konvensional dan ekspositori yang merujuk pada pendekatan di mana guru menjadi pusat dari proses pembelajaran, sementara siswa berperan sebagai penerima informasi pasif. Sehingga hal ini mengakibatkan siswa kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, yang pada gilirannya dapat menyebabkan berkurangnya minat mereka terhadap mata Pelajaran tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi guna meningkatkan minat belajar siswa dan motivasi siswa untuk lebih mendalami materi salah satunya dengan cara menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang merupakan model pembelajaran yang menekankan pada proses mencari dan menemukan, sendiri pemecahan masalah dalam suatu materi pembelajaran sedangkan guru sebagai fasilitator dan pembimbing untuk belajar.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : adakahpengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Pakusari tahun 2024/2025 ? Tujuan dalam penelitian ini adalah : mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Pakusari tahun 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Pakusari, dengan Teknik pengambilan sampel sampling purposive sehingga diperoleh sampel kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas control yang terdiri dari 30 siswa dari setiap kelas yang dipilih sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, kuisioner, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample T-test.
Berdasarkan pembahasan serta hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Pakusari tahun 2024/2025, yang dibuktikan oleh hasil uji independent sample T-test dengan nilai signifikan 0,001<probabilitas 0,05. Sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolah, hipotesis alternative (Ha) diterima.hal ini juga sejalan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing yang merupakan suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis dan logis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: zakiyah kamila putri
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:45
Last Modified: 25 Jun 2025 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44007

Actions (login required)

View Item View Item