PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA AUDIO VISUAL UNTUK MENGAJARKAN MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII MTs MA’ARIF NU GANDUSARI BLITAR

Mufidah, Putri Wakhidatul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA AUDIO VISUAL UNTUK MENGAJARKAN MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII MTs MA’ARIF NU GANDUSARI BLITAR. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putri Wakhidatul Mufidah_211101070022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (29MB)

Abstract

Pemahaman konsep bangun ruang sangat berguna dalam kehidupan sehari-
hari dan berbagai bidang keilmuan. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan
dalam memahami konsep-konsep bangun ruang ini. Kurangnya penggunaan alat
peraga atau media pembelajaran yang interaktif membuat siswa sulit
membayangkan bangun ruang secara nyata. Penggunaan media pembelajaran
yang interaktif dalam pembelajaran di kelas dapat memberikan pengalaman nyata
dan konkrit bagi siswa. Dengan penggunaan video dalam proses pembelajaran
dapat mempermudah siswa dalam membangkitkan rasa ingin tahu siswa, minat
siswa serta motivasi siswa untuk belajar sehingga siswa mendapatkan kemudahan
dalam memahami dan menguasai materi, serta informasi yang disampaikan.
Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah sebagai berikut: 1)
Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran matematika audio
visual untuk mengajarkan materi bangun ruang. 2) Mendeskripsikan kevalidan
media pembelajaran matematika audio visual untuk mengajarkan materi bangun
ruang. 3) Mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran matematika audio
visual untuk mengajarkan materi bangun ruang. 4.) Mendeskripsikan keefektifan
media pembelajaran matematika audio visual untuk mengajarkan materi bangun
ruang.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian dan
pengembangan (Research and Development). Penelitian yang dilakukan mengacu
pada model penelitian dan pengembangan ADDIE. Model penelitian dan
pengembangan media pembelajaran ADDIE memiliki lima tahap, yaitu Analysis,
Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data
pana penelitian ini adalah dengan validasi ahli, angket respon siswa, dan posttest.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan: 1) Media
pembelajaran Audio Visual dikatakan sangat valid dengan skor kevalidan 88,23%.
2) Media pembelajaran Audio Visual dikatakan praktis dengan skor kepraktisan
77,92%. 3) Media pembelajaran Audio Visual dikatakan efektif dengan skor
keefektifan 76,19%. Sehingga media pembelajaran Audio Visual sangat
direkomendasikan untuk digunakan pada pembelajaran bangun ruang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Putri Wakhidatul Mufidah
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:57
Last Modified: 25 Jun 2025 08:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44011

Actions (login required)

View Item View Item