ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI KESEBANGUNAN BERDASARKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS NEGERI 10 JEMBER

Lutfiyah, Umi Rosihotul (2025) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI KESEBANGUNAN BERDASARKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS NEGERI 10 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umi Rosihotul Lutfiyah WM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Umi Rosihotul Lutfiyah, 2025: Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Kesebangunan Berdasarkan Kemampuan Representasi Matematis Kelas VII MTs Negeri 10 Jember.
Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Soal Cerita, Kesebangunan, Kemampuan Representasi Matematis
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan hasil jawaban siswa dalam merepresentasikan permasalahan dalam soal cerita serta ditemukan salah satu siswa yang menjawab dengan urutan jawaban yang benar namun terjadi kesalahan saat membaca soal cerita.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dengan kemampuan representasi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal cerita materi kesebangunan. 2) untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dengan kemampuan representasi matematis sedang dalam menyelesaikan soal cerita materi kesebangunan. 3) untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dengan kemampuan representasi matematis rendah dalam menyelesaikan soal cerita materi kesebangunan.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari tes dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis tinggi, sedang dan rendah. Analisis data yang digunakan yaitu analisis menurut Miles, Huberman dan Saldana. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Hasil dari penelitian ini yaitu: Siswa dengan kemampuan representasi matematis tinggi tidak mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita. Siswa dengan kemampuan representasi matematis sedang melakukan kesalahan pada indikator kesalahan keterampilan proses (Process Skill Error) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (Encoding Error). Sedangkan siswa dengan kemampuan representasi matematis rendah melakukan kesalahan pada indikator kesalahan transformasi (Transformation Error), kesalahan keterampilan proses (Process Skill Error) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (Encoding Error).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Siswa, Soal Cerita, Kesebangunan, Kemampuan Representasi Matematis
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Umi Rosihotul Lutfiyah
Date Deposited: 26 Jun 2025 04:57
Last Modified: 26 Jun 2025 04:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44031

Actions (login required)

View Item View Item