ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KEMAMPUAN NUMERIK KELAS VII SMP NEGERI 1 TAMANAN BONDOWOSO

Salsabila, Adelia Nafita (2025) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KEMAMPUAN NUMERIK KELAS VII SMP NEGERI 1 TAMANAN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Adelia Nafita Salsabila WM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Adelia Nafita Salsabila, 2025: Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Numerik Kelas VII SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Numerik, Soal Matematika.
Di era revolusi 4.0 ini, masyarakat diharapkan untuk mampu berpikir secara kreatif, yakni dengan memunculkan ide/gagasan baru yang bertujuan untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari dan mempersiapkan diri untuk menghadapi kehidupan di masa yang akan datang nantinya. Saat ini, peningkatan kemampuan berpikir kreatif dianggap sebagai satu dari beberapa tujuan pembelajaran utama yang penting untuk ditingkatkan dalam pendidikan matematika. Untuk bisa berpikir kreatif dalam matematika, siswa perlu memahami dan melakukan proses berhitung secara aktif sekaligus memecahkan masalah yang berhubungan dengan angka dan simbol, yang mana hal ini berhubungan dengan kemampuan numerik.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kemampuan numerik tinggi 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kemampuan numerik sedang 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kemampuan numerik rendah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek pada penelitian ini yakni siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tamanan, diambil 6 subjek dengan 2 subjek kemampuan numerik tinggi, sedang, dan rendah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan numerik tinggi memenuhi indikator kelancaran dan keluwesan, siswa dengan kemampuan numerik sedang memenuhi indikator kelancaran, dan siswa dengan kemampuan numerik rendah tidak memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif, yaitu kelancaran, keluwesan, dan kebaruan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Numerik, Soal Matematika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Adelia Nafita Salsabila
Date Deposited: 26 Jun 2025 05:01
Last Modified: 26 Jun 2025 05:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44032

Actions (login required)

View Item View Item