PENERAPAN PROGRAM KETERAMPILAN VOKASIONAL UNTUK KESIAPAN KERJA PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF AMBULU JEMBER

Al Quds, Sarah Sania (2025) PENERAPAN PROGRAM KETERAMPILAN VOKASIONAL UNTUK KESIAPAN KERJA PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF AMBULU JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SARAH FINAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sarah Sania Al Quds, 2025: Penerapan Program Keterampilan Vokasional Untuk Kesiapan Kerja Pada Siswa di MA Ma’arif Ambulu Jember.

Kata Kunci: Program keterampilan vokasional, Kesiapan kerja

Kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia kerja saat ini telah menjadi persoalan yang signifikan, khususnya ditingkat pendidikan menengah. Banyak lulusan yang belum memiliki kesiapan kerja yang memadai, baik dari segi keterampilan teknis maupun softskills. Hal ini menunjukkan perlunya integrasi program pendidikan yang tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga membekali siswa dengan keterampilan vokasional yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja. MA Ma’arif Ambulu Jember sebagai lembaga pendidikan keagamaan berusaha untuk merespon tantangan tersebut dengan menerapkan program keterampilan vokasional bagi para siswanya.
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan program keterampilan vokasional untuk kesiapan kerja pada siswa di MA Ma’arif Ambulu Jember? 2) Bagaimana dampak yang dihasilkan dari penerapan program keterampilan vokasional untuk kesiapan kerja pada siswa di MA Ma’arif Ambulu Jember? 3) Apa saja hambatan dan solusi dari penerapan program keterampilan vokasional untuk kesiapan kerja pada siswa di MA Ma’arif Ambulu Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan program keterampilan vokasional untuk kesiapan kerja pada siswa di MA Ma’arif Ambulu Jember. 2) untuk mendeskripsikan dampak yang dihasilkan dari penerapan program keterampilan vokasional untuk kesiapan kerja pada siswa di MA Ma’arif Ambulu Jember. 3) untuk mendeskripsikan hambatan dan solusi dari penerapan program keterampilan vokasional untuk kesiapan kerja pada siswa di MA Ma’arif Ambulu Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MA Ma’arif Ambulu Jember dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan diantaranya meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi pada bagian akhir. Dan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) Penerapan program keterampilan vokasional bertujuan untuk memberikan bekal dasar pada siswa berupa keterampilan praktis dan teknis yang berguna untuk kesiapan kerja pada siswa. 2) Dampak yang dihasilkan dari penerapan program keterampilan vokasional ini adalah pengembangan kompetensi pada siswa, terutama dalam bidang otomotif dan tata boga. Dampak lain yang dihasilkan dari penerapan program keterampilan vokasional ini adalah para siswa mendapat panggilan kerja dari tempat mereka PKL. 3) Hambatan yang dialami saat penerapan program keterampilan vokosional yaitu ada beberapa siswa yang masih belum tertanam mindset positif terkait dengan pengembangan keterampilan ini serta kurangnya dana yang mengakibatkan fasilitas kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sarah Sania Al Quds
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:09
Last Modified: 26 Jun 2025 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44036

Actions (login required)

View Item View Item