PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN KEANEKARAGAMAN SPERMATOPHYTA DI LINGKUNGAN SEKOLAH MTs RAUDHATUL ULUM

Nurraini, Jamiliya (2025) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN KEANEKARAGAMAN SPERMATOPHYTA DI LINGKUNGAN SEKOLAH MTs RAUDHATUL ULUM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI JAMILIYA NURRAINI _ 214101100001 fiks.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: Pengembangan Buku Panduan Lapangan, Spermatophyta, Model
4D
Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh keterbatasan
bahan ajar dalam pembelajaran, khususnya pada materi pengidentifikasian
Spermatophyta. Meskipun pendekatan pembelajaran langsung berbasis
lingkungan telah diterapkan, masih ditemukan kesalahan konsep dalam
pemahaman materi. Hal ini disampaikan oleh guru IPA di MTs Raudhatul Ulum,
yang mengungkapkan bahwa kurangnya bahan ajar, fasilitas pembelajaran, serta
keterbatasan penggunaan smartphone menjadi kendala utama dalam proses
pembelajaran.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana validitas
pengembangan buku panduan lapangan keanekaragaman spermatophyta di
lingkungan sekolah MTs Raudhatul Ulum? 2) Bagaimana respon peserta didik
terhadap pengembangan buku panduan lapangan keanekaragaman spermatophyta
di lingkungan sekolah MTs Raudhatul Ulum?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui validitas produk buku
panduan lapangan keanekaragaman spermatophyta di lingkungan sekolah MTs
Raudhatul Ulum. 2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap buku panduan
lapangan keanekaragaman spermatophyta di lingkungan sekolah MTs Raudhatul
Ulum.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D)
dengan model 4D oleh Thiagarajan yang mencakup empat tahapan, yaitu yakni
define, design, development , dan dissemination. Namun pada penelitian ini,
hanya berfokus pada tahap development. Untuk tahap dissemination tidak
dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya dari peneliti. Subjek dari
penelitian mencakup ahli materi, ahli media, serta praktisi. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen validasi ahli dan angket
respon siswa berupa skala likert. Teknik analisis data yang digunakan berupa
analisis deskriptif .
Hasil dari penelitian ini yakni 1) Memperoleh nilai validasi dengan nilai
rata – rata 90,99% yang termasuk kedalam kategori sangat valid, dengan rincian
yang terdiri dari validasi ahli materi memperoleh nilai persentase 92,72% dengan
kategori sangat valid, ahli media yang memperoleh nilai persentase 89% dengan
kategori sangat valid dan praktisi memperoleh nilai persentase 91,25% dengan
kategori sangat valid.2) Hasil uji coba skala kecil memperoleh nilai persentase
91,51% dengan kategori sangat menarik dan hasil uji coba skala besar
memperoleh nilai persentase 91,70% dengan kategori sangat menarik. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku panduan lapangan
keanekaragaman spermatophyta di lingkungan sekolah MTs Raudhatul Ulum ini
sangat valid dan sangat menarik apabila diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms. Jamiliya Nurraini
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:51
Last Modified: 26 Jun 2025 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44051

Actions (login required)

View Item View Item