Pengaruh konten ootd outfit of the day di media sosial tiktok terhadap pola gaya hidup mahasiswi Fakultas Dakwah angkatan 2022

Mutmainnah, Nurul (2025) Pengaruh konten ootd outfit of the day di media sosial tiktok terhadap pola gaya hidup mahasiswi Fakultas Dakwah angkatan 2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Mutmainnah_212103010040..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Media sosial di era digital telah menjadi ruang interaktif yang memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam hal gaya berpakaian. Salah satu platform media sosial yang paling menonjol dalam hal ini adalah TikTok, yang kini tidak hanya menjadi media hiburan, tetapi juga wadah ekspresi diri dan pembentukan identitas, khususnya di kalangan generasi muda seperti mahasiswi. Salah satu jenis konten yang populer di TikTok adalah konten OOTD (Outfit Of The Day), yang menampilkan gaya berbusana sehari-hari. Konten ini berpotensi membentuk preferensi fashion dan memengaruhi pola gaya hidup, termasuk dalam hal konsumsi, penampilan, serta perubahan gaya.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Apakah konten OOTD (Outfit Of The Day) di media sosial TikTok berpengaruh terhadap pola gaya hidup mahasiswi Fakultas Dakwah angkatan 2022?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten OOTD (Outfit Of The Day) di media sosial TikTok terhadap pola gaya hidup mahasiswi Fakultas Dakwah angkatan 2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis survei. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas (konten OOTD di TikTok) terhadap variabel terikat (pola gaya hidup mahasiswi).
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) terdapat pengaruh antara konten OOTD di TikTok terhadap pola gaya hidup mahasiswi Fakultas Dakwah angkatan 2022, dengan nilai korelasi (R) sebesar 0,693 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,480 yang berarti 48% variasi gaya hidup mahasiswi dapat dijelaskan oleh konten OOTD, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. 2) mahasiswi yang aktif mengakses konten OOTD cenderung menunjukkan peningkatan dalam menyesuaikan penampilan dengan tren, eksplorasi gaya berpakaian, dan konsumsi fashion sebagai bentuk ekspresi diri serta eksistensi digital.

Keywords: Konten OOTD; TikTok; Gaya Hidup; Mahasiswi; Uses and Gratification

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200203 Consumption and Everyday Life
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: NURUL MUTMAINNAH
Date Deposited: 26 Jun 2025 03:27
Last Modified: 26 Jun 2025 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44062

Actions (login required)

View Item View Item