Penggunaan Metode STIFIn Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Islam Jember

Ridwan, Muhammad Ali (2025) Penggunaan Metode STIFIn Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Islam Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Final Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa perubahan yang sangat signifikan terutama di bidang pendidikan. Salah satu tuntutan dan tantangan yang dihadapi saat ini adalah pendidikan mampu untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompentsi utuh, yaitu kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terintegrasi. Dalam hal ini mengerti akan kepribadian jati diri manusia menjadi hal penting supaya pendidikan tidak tertinggal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penggunaan metode STIFIn di SMP Nuris Jember, dan 2) Apa saja implikasi yang ada dari pembelajaran pendidikan agama islam dengan metode STIFIn. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan serta implikasi metode STIFIn terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Nuris Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Analisis data menggunakan teori Milles, Huberman, dan Saldana.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Penggunaan metode STIFIn di SMP Nuris dimulai sejak tahun ajaran baru 2022, proses penggunaan metode STIFIn terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Nuris diantaranya yaitu, melakukan tes STIFIn, menjelaskan hasil tes STIFIn, lalu penyesuaian gaya belajar peserta didik berdasarkan tes STIFIn. Setelah melakukan tes STIFIn semua peserta didik diberikan pengetahuan umum tentang metode STIFIn dan juga hasil tes mereka serta ditempatkan sesuai dengan kelas mereka. 2) penggunaan metode STIFIn dalam pembelajaran pendidikan agama Islam digunakan sebagai problem solving ketika peserta didik tidak dapat memahami suatu materi dan ketika nilai dari peserta didik menurun. Selain itu metode STIFIn juga bermanfaat sebagai cara cepat untuk menghafal Al-Qur’an berdasrakan mesin kecerdasan masing-masing.

Kata Kunci: Penggunaan, Metode STIFIn, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Implikasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ali Ridwan
Date Deposited: 26 Jun 2025 03:31
Last Modified: 26 Jun 2025 03:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44063

Actions (login required)

View Item View Item