Maulidiyah, Nur ismi (2025) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Engineering Design Process (EDP) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP pada materi getaran dan gelombang. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
BISMILLAH SKRIPSI FIXX__.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Engineering Design Process (EDP), LKPD, SMP, Bahan Ajar
Latar belakang dilakukannya penelitian dan pengembangan ini karena permasalahan rendahnya keterampilan berpikir kreatif pada siswa SMP yang berdampak negatif terhadap kemampuan mereka dalam memecahkan masalah serta pencapaian belajar secara keseluruhan. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif adalah penggunaan bahan ajar yang tepat. Salah satu bahan ajar yang efektif dalam konteks ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Engineering Design Process (EDP) yang menekankan pada pemecahan masalah.
Tujuan dari penelitian ini ada tiga, yaitu untuk: (1) Mendeskripsikan validitas LKPD Berbasis Engineering Design Process (EDP), (2) Mendeskripsiskan kepraktisan LKPD Berbasis Engineering Design Process (EDP), (3) Mendeskripsikan efektivitas LKPD Berbasis Engineering Design Process (EDP).
Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan adaptasi model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar wawancara, angket validasi, angket kepraktisan, dan lembar tes. Analisis data mencakup beberapa aspek: angket validasi untuk mengukur validitas LKPD, angket kepraktisan untuk menilai sejauh mana bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan secara efektif, praktis, dan efisien oleh pengguna (guru maupun siswa), serta hasil pretest dan posttest untuk mengukur efektivitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil validitas dari kegita validator yaitu memperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 92,08% dengan kategori sangat valid (2) Hasil kepraktisan LKPD berbasis EDP skala kecil memperoleh presentase 89,00% dengan kategori sangat praktis dan menarik, dan skala besar memperoleh presentase 81,83% dengan kategori sangat praktis dan menarik. (3) Hasil Efektivitas pada LKPD berbasis EDP memperoleh skor N-Gain sebesar 0,57 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis EDP pada materi getaran dan gelombang efektif sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada peserta didik SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020301 Acoustics and Acoustical Devices; Waves |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ms Nur Ismi Maulidiyah |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 06:33 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 06:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44152 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |