Pengaruh penggunaan web-based application nearpod sebagai platform interaktif terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP islam nazhatut tholibin Liprak Wetan Kabupaten Probolinggo Tahun pelajaran 2024/2025

Nurhaliza, Siti (2025) Pengaruh penggunaan web-based application nearpod sebagai platform interaktif terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP islam nazhatut tholibin Liprak Wetan Kabupaten Probolinggo Tahun pelajaran 2024/2025. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NURHALIZA 2025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Siti Nurhaliza, 2025 : Pengaruh Penggunaan Web-Based Application Nearpod sebagai Platform Interaktif terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Islam Nazhatut Tholibin Liprak Wetan Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2024/2025

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar IPS di SMP Islam Nazhatut Tholibin yang disebabkan oleh dominasi metode ceramah dan terbatasnya pemanfaatan media pembelajaran interaktif. Di era digital saat ini, perkembangan teknologi pendidikan sebenarnya telah menyediakan berbagai platform inovatif yang dapat mentransformasi pembelajaran menjadi lebih menarik. Salah satu solusi potensial adalah Nearpod, sebuah platform berbasis web yang memfasilitasi pembelajaran interaktif melalui fitur-fitur seperti: kuis real-time, video pembelajaran dinamis, dan kolaborasi digital. Platform ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan aktif siswa, khususnya dalam pembelajaran IPS yang memerlukan pemahaman konseptual mendalam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Web-Based Application Nearpod sebagai platform interaktif terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-experiment (Nonequivalent Control Group Design). Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas VIII, yang terbagi menjadi kelas eksperimen (VIII B) dengan perlakuan menggunakan Nearpod dan kelas kontrol (VIII C) dengan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Nearpod berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (105,00) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (83,57), dengan persentase kenaikan motivasi sebesar 32,29% pada kelas eksperimen dan hanya 8,53% pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis memperkuat temuan ini dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,001 (< 0,05), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan Web-Based Application Nearpod sebagai platform interaktif terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Islam Nazhatut Tholibin Liprak Wetan Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Nearpod, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Depositing User: MS Siti Nurhaliza
Date Deposited: 26 Jun 2025 06:46
Last Modified: 26 Jun 2025 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44164

Actions (login required)

View Item View Item