Pengembangan Media Smart Pegboard Pada Materi Nilai Tempat Bilangan Cacah Mata Pelajaran Matematika Kelas III Madrasah Ibtidaiyah

Salsabilah fitriyah, Fardini (2025) Pengembangan Media Smart Pegboard Pada Materi Nilai Tempat Bilangan Cacah Mata Pelajaran Matematika Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fardini salsabilah fitriyah_214101040012 (3).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Pemilihan media pembelajaran harus disesuaikan dengn perkembangan zaman dan karateristik peserta didik, agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif dan mencapai hasil yang maksimal. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan, ditemukan bahwa proses pembelajaran di kelas III terkendala oleh terbatasnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru, yang hanya mengandalkan buku dan papan tulis. Hal ini mengakibatkan siswa merasa bosan, mengantuk, dan kesulitan memahami materi matematika, khususnya pada materi nilai tempat bilangan cacah. Oleh karena itu, diperlukan media yang lebih menarik dan interaktif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Media Smart Pegboard, yang berbentuk papan berpasak yang dirancang untuk membantu siswa memahami konsep nilai tempat bilangan cacah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana desain media smart pegboard pada pembelajaran matematika di kelas III MI Miftahul Ulum Sukorejo Lumajang 2) Bagaimana Kelayakan Media Smart Pegboard pada pembelajaran matematika kelas di III MI Miftahul Ulum Sukorejo Lumajang 3) Bagaimana Respon Peserta Didik Terhadap Pengembanagan Media Smart Pegboard pada pembelajaran matematika di kelas III MI Miftahul Ulum Sukorejo Lumajang.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengidentifikasi desain pengembangan media Smart Pegboard materi nilai tempat bilangan cacah pada mata pelajaran matematika di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sukorejo Lumajanag. (2) Mengetahui kelayakan pengembangan media Smart Pegboard materi nilai tempat bilangan cacah pada mata pelajaran matematika di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sukorejo Lumajanag. (3) Mengetahui dan Mendiskripsikan Respon Peserta Didik Terhadap Pengembangan Media Smart Pegboard mata pelajaran matematika di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sukorejo Lumajanag.
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development / R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan menggunakan angket.
Hasil Penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media smart pegboard menyajikan soal berupa game dan hasil kelayakan media Smart Pegboard memperoleh persentase kelayakan yakni dari ahli media sebesar 96%, dari ahli materi sebesar 96%, dan dari guru kelas sebesar 90%. Hasil Respon peserta didik yang berjumlah 16 siswa kelas III menunjukkan persentase respon positif sebesar 92%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Smart Pegboard “Sangat Layak” digunakan dalam membantu proses pembelajaran matematika, khususnya pada materi nilai tempat bilangan cacah.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Smart Pegboard, Pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010199 Pure Mathematics not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010401 Applied Statistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Far dini salsabilah fitriyah
Date Deposited: 26 Jun 2025 06:57
Last Modified: 26 Jun 2025 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44177

Actions (login required)

View Item View Item