PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMPLB BCD YPAC JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Tunnajiyah Ramadhani, Farohah (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMPLB BCD YPAC JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI FAROHAH TUNNAJIYAH RAMADHANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Farohah Tunnajiyah Ramadhani, 2025: Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMPLB BCD YPAC Jember Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kemandirian Siswa

Pendidikan berperan penting dalam membentuk kemandirian siswa, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK) di SMPLB. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kemandirian diperlukan agar siswa mampu mengamalkan ajaran agama sesuai dengan kemampuannya. Namun, pembelajaran yang masih bersifat konvensional menjadi kendala. Oleh karena itu, Problem Based Learning diterapkan sebagai alternatif untuk mendorong siswa lebih aktif, mandiri, dan terlibat dalam pemecahan masalah.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemandirian siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMPLB BCD YPAC Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 2) Bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemandirian siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMPLB BCD YPAC Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemandirian siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMPLB BCD YPAC Jember Tahun Pelajaran 2024/2025?. Tujuannya yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, penerapan, dan evaluasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemandirian siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMPLB BCD YPAC Jember.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan model Miles Huberman dan Saldana. Kemudian keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini 1) Penerapan pembelajaran Problem Based Learning dengan pemilihan bahan pembelajaran dan menyiapkan perangkat pembelajaran. 2) Perencanaan pembelajaran Problem Based Learning menyampaikan tujuan pembelajaran, membagi siswa dalam kelompok kecil, membimbing jalannya diskusi, dan melakukan evaluasi hasil diskusi. 3) Evaluasi pembelajaran Problem Based Learning mencakup penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Farohah Tunnajiyah Ramadhani
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:37
Last Modified: 26 Jun 2025 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44196

Actions (login required)

View Item View Item