EFEKTIVITAS PROGRAM PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MITRAGUNA BERKAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP BANYUWANGI A YANI

Ningsih,, Novita (2025) EFEKTIVITAS PROGRAM PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MITRAGUNA BERKAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP BANYUWANGI A YANI. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Novita Ningsih (Bandel 2x CD 1 ) e.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Novita Ningsih, 2025: Efektivitas Program Pemasaran Produk Pembiayaan Mitraguna Berkah Di Bank Syariah Indonesia Kcp Banyuwangi A Yani

Kata Kunci: Efektivitas, Program Pemasaran, Pembiayaan Mitraguna Berkah

Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan salah satu lembaga keuangan syariah terbesar di Indonesia, hasil penggabungan dari tiga bank syariah yang dimiliki oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yaitu Bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah, dan Bank Mandiri Syariah. Seiring berjalannya waktu jumlah kantor cabang BSI terus berkembang, termasuk di antaranya Kantor Cabang Banyuwangi yang terletak di Jawa Timur. Kantor cabang ini juga mengelola beberapa Kantor Cabang Pembantu (KCP), salah satunya KCP Banyuwangi A Yani. KCP Banyuwangi A Yani memegang peranan penting dalam menawarkan produk pembiayaan yang sesuai dengan prinsip syariah, salah satunya adalah pembiayaan Mitraguna Berkah. Pembiayaan ini bersifat konsumtif, yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti pendidikan, kesehatan, atau kebutuhan pribadi lainnya.
Berdasarkan penjelasan mengenai konteks penelitian, penulis kemudian menetapkan fokus penelitian untuk dianalisis di antaranya: 1. Bagaimana efektivitas program pemasaran produk pembiayaan Mitraguna Berkah di BSI Banyuwangi A Yani?, 2. Apa kendala dalam pelaksanaan program pemasaran produk pembiayaan Mitraguna Berkah dan bagaimana upaya dalam mengatyasinya?
Tujuan penelitian yaiu: 1. Untuk mengetahui efektivitas program pemasaran pada produk pembiayaan Mitraguna Berkah di BSI KCP Banyuwangi A Yani. 2. Untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan program pemasaran produk Pembiayaan Mitraguna Berkah dan bagaimana upaya dalam mengatasinya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data yang diterapkan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu untuk keabsahan data yang diperoleh menggunakan triangulasi metode.
Adapun hasil yang di dapatkan dalam penelitian ini adalah: 1. Efektivitas program pemasaran pada produk pembiayaan Mitraguna Berkah meliputi kunjungan langsung ke instansi, WA Blast, serta kegiatan Canvassing. 2. kendala dalam pelaksanaan program pemasaran produk Pembiayaan Mitraguna Berkah yaitu sulitnya penjadwalan dengan instansi, kurangnya pemahaman nasabah terhadap produk melalui media sosial, serta kendala administratif seperti hasil BI Checking yang tidak lolos.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: NOVITA NINGSIH
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:52
Last Modified: 26 Jun 2025 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44284

Actions (login required)

View Item View Item