PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN SEBAGAI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP NEGERI 1 TAMANAN BONDOWOSO

Fikri, Ali (2025) PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN SEBAGAI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP NEGERI 1 TAMANAN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
fikri fix watermak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini: 1) Untuk mengetahui implementasi program tahfidz alQur’an sebagai kegiatan ekstrakurikuler dalam menumbuhkan karakter religius
siswa di SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso?; 2) Untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan program tahfidz alQur’an sebagai kegiatan ekstrakurikuler dalam menumbuhkan karakter religius
siswa di SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso?; 3) Untuk mengetahui respon siswa
dan guru terhadap program tahfidz al-Qur’an sebagai kegiatan ekstrakurikuler
dalam menumbuhkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Tamanan
Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Teknik-teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan peneliti adalah
analisis interaktif model Miles Huberman dan Saldana kondensasi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi
teknik dan sumber. Hasil penelitian ini, pertama: Kegiatan ini mengajarkan nilai
kebersamaan dan semangat dalam menuntut ilmu agama. Siswa yang mengikuti
kegiatan ini secara rutin lebih terbiasa untuk membaca Al-Qur’an diluar jam
pelajaran di sekolah, sehingga membentuk karakter religius yang lebih kuat; kedua:
Faktor pendukung berasal dari pihak sekolah, motivasi siswa untuk menghafal AlQur’an, memberi fasilitas yang memadai dan adanya partisipasi orang tua, orang
tua dapat membantu meningkatkan motivasi partisipasi siswa dalam program.
Hambatan siswa biasanya, seperti rasa malas, kelelahan, dan kesulitan mengingat
hafalan yang sudah dipelajari; ketiga: Respon Siswa dan Guru terhadap Program
Tahfidz Al-Qur’an sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Menumbuhkan
Karakter Religius yakni siswa merasa lebih dekat dengan Al-Qur’an dan lebih
memahami makna dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kata Kunci: Tahfidz Al-Qur’an, Ekstrakurikuler dan Karakter Religius

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fikri Ali Fikri
Date Deposited: 29 Jun 2025 06:01
Last Modified: 29 Jun 2025 06:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44328

Actions (login required)

View Item View Item