Al Fitroh, Jihan Maulidiyah (2025) Analisis Kesalahan Siswa Menurut Teori Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Materi Perbandingan Kelas VII SMP Nurul Islam Jember Berdasarkan Tingkat Kecemasan Matematis. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Jihan Maulidiyah Al Fitroh 214101070018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa di berbagai tingkat pendidikan. Kesulitan tersebut yang menimbulkan kesalahan. Berdasarkan wawancara dengan guru mata pelajaran matematika bahwa siswa kelas VII masih banyak melakukan kesalahan penyelesaian soal materi perbandingan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa adalah kecemasan matematis.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dengan kecemasan matematis tinggi menurut teori kastolan dalam menyelesaikan soal materi perbandingan 2) untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dengan kecemasan matematis sedang menurut teori kastolan dalam menyelesaikan soal materi perbandingan 3) untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dengan kecemasan matematis rendah menurut teori kastolan dalam menyelesaikan soal materi perbandingan
Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Banyak subjek dalam penelitian adalah 3 siswa dengan rincian 1 siswa kecemasan tinggi, 1 siswa kecemasan sedang, dan 1 siswa kecemasan rendah. Penelitian ini mneggunakan teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan tingkat kecemasan matematis tinggi adalah kesalahan konseptual yaitu kesalahan dalam menentukan rumus perbandingan, kesalahan prosedural yaitu kesalahan karena tidak bisa menyelesaikan soal sampai bentuk paling sederhana dan kesalahan teknik yaitu kesalahan teknik yaitu kesalahan dalam melakukan operasi pembagian dan perkalian. 2) kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan kecemasan matematis sedang adalah kesalahan prosedural yaitu kesalahan dalam menyelesaikan langkah penyelesaian sesuai dengan perintah soal dan kesalahan teknik yaitu kesalahan dalam menghitung operasi pembagian. 3) kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan tingkat kecemasan matematis rendah adalah kesalahan prosedural yaitu kesalahan dikarenakan tidak melanjutkan langkah pengerjaan sehingga salah dalam menentukan jawaban akhir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Siswa, Penyelesaian Soal, Kecemasan matematis |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Jihan Maulidiyah Al Fitroh |
Date Deposited: | 29 Jun 2025 09:04 |
Last Modified: | 29 Jun 2025 09:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |