Dewi Masitoh, Illa (2025) ANALISIS PENALARAN ADAPTIF SISWA TIPE KEPRIBADIAN THINKING FEELING DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DI MTS NAHDLATUL ARIFIN AMBULU JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
SKRIPSI ILLA DEWI MASITOH_214101070017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Matematika merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempunyai peran penting dalam tiap aspek kehidupan manusia. Sehingga tidak heran, jika matematika menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan penyelengggaraan pendidikan di Indonesia. Untuk mendukung keberhasilan tersebut siswa diharapkan untuk memilki kemampuan matematis. Satu diantara bagian penting dari kecakapan matematis yang harus dimiliki siswa adalah penalaran adaptif. Dalam analisis penalaran adaptif pengambilan keputusan sangat penting diperhatikan terutama dalam memenuhi indikator seperti dalam menyusun dugaan, memberikan alasan, dan menarik kesimpulan. Tipe kepribadian yang berfokus pada pengambilan keputusan seseorang adalah tipe kepribadian thinking feeling, hal ini menjadikan siswa biasanya mempunyai penyelesaian tersendiri dalam menyelesaikan sebuah masalah seperti halnya dalam menyelesaikan masalah pada materi aritmatika sosial. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru pelajaran matematika bahwa siswa kelas VII A masih kurang dalam kemampuan penalaran terutama pada materi aritmatika sosial.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan penalaran adaptif siswa tipe kepribadian thinking dalam menyelesaikan masalah Aritmatika sosial. 2) Untuk mendiskripsikan penalaran adaptif siswa tipe kepribadian feeling dalam menyelesaikan masalah Aritmatika sosial.
Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah 4 siswa dengan rincian 2 siswa tipe kepribadian thinking dan 2 siswa tipe kepribadian feeling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini antara lain angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Siswa dengan tipe thinking dalam menyelesaikan masalah materi Aritmatika Sosial mampu memenuhi seluruh indikator penalaran adaptif yaitu kedua subjek menunjukkan konsistensi dalam berpikir logis, mampu menyusun argumen yang tepat, menarik kesimpulan secara sistematis, serta menemukan poladan memeriksa kebenaran jawaban mereka. 2) Siswa dengan tipe kepribadian feeling dalam menyelesaikan masalah materi Aritmatika Sosial hanya mampu memenuhi sebagian indikator penalaran adaptif, yaitu menyusun dugaan, menemukan poladan memeriksa kesahihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penalaran Adaptif, Kepribadian Thinking Feeling, Aritmatika Sosial. |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Illa Dewi Masitoh |
Date Deposited: | 29 Jun 2025 09:07 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 04:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |