Veygid, Ahmad (2021) Pengembangan microblog berbantuan instagram pada materi sel untuk siswa kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (Skripsi ini merupakan penelitian pengembangan berupa produk Microblog berbantuan Instagram pada materi sel untuk siswa kelas XI IPA di MAN 3 Jember.)
Ahmad Veygid_T20178002.pdf Download (5MB) |
Abstract
Selama ini, umumnya instagram hanya digunakan sebagai media sosial berbagi foto maupun video. Dalam bidang pendidikan, beragam fitur Instagram dapat menunjang dalam proses pembelajaran, seperti unggahan foto, video, siaran langsung serta fitur berbagi dan dapat saling berbalas komentar. Salah satu pemanfaatan instagram dalam pembelajaran adalah dengan menjadikan instagram sebagai blog atau microblog pendidikan. Microblog dapat dijadikan alternatif dan inovasi bahan ajar materi sel dalam pembelajaran biologi di masa pandemi ini. Selama ini media atau bahan ajar yang digunakan hanya secara konvenasional sehingga menurunkan interaksi siswa dengan guru serta memberikan efek bosan kepada siswa. Berdasarkan wawancara dengan guru biologi di MAN 3 Jember, materi sel masih menjadi materi dengan ketercapaian yang rendah. Selain itu, berdasarkan hasil analisis karakteristik siswa, diketahui bahwa 45,8% siswa menyukai media atau bahan ajar yang digital dan ringkas, 100% siswa mengharapkan adanya inovasi bahan ajar pada pelajaran biologi, 100% siswa mempunyai akun instagram dan pengguna media sosial aktif, serta 100% siswa mengaku belum pernah menggunakan microblog dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan microblog berbantuan instagram pada materi sel sebagai alternatif dan inovasi dalam pembelajaran biologi.
Tujuan dari penelitian ini antara lain : 1) Untuk mendeskripsikan kevalidan microblog berbantuan instagram pada materi sel kelas XI IPA di MAN 3 Jember; dan 2) Untuk mendeskripsikan respons siswa terhadap microblog berbantuan instagram pada materi sel kelas XI IPA di MAN 3 Jember.
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah Model Pengembangan ADDIE dengan tahapan Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian pengembangan ini dilakukan di MAN 3 Jember, instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara dan lembar angket. Penelitian ini menggunakan 2 validator ahli materi, 2 validator ahli media, 1 ahli validator ahli bahasa, dan 1 guru biologi.
Penelitian dan pengembangan ini memperoleh kesimpulan: 1) Hasil validasi validator ahli materi dengan rata-rata persentase 95% dengan kriteria sangat valid, validator ahli media dengan rata-rata persentase 92% dengan kriteria sangat valid, validator ahli bahasa dengan rata-rata persentase 96% dengan kriteria cukup valid; 2) Persentase hasil respons siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 89% dengan kriteria sangat menarik.
Keywords : Microblog; instagram; sel
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | microblog; instagram; sel |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190203 Electronic Media Art 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Ahmad Veygid Veygid |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 06:37 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 06:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4449 |
Actions (login required)
View Item |