Janah, Luk Luul (2025) IMPLEMENTASI STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH (SKU) DALAM PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS 7B DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Luk Luul Janah WM.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci: Standar Kecakapan Ubudiyah dan Karakter Religius
Standar kecakapan ubudiyah merupakan suatu cara yang dibentuk dan disusun oleh Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur menjadi suatu kegiatan untuk mengukur standar kecakapan siswa meliputi materi Pendidikan agama Islam yang meliputi kecakapan baca tulis Alquran, hadist, Akidah Akhlak, fikih, dzikir dan doa mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). sehingga harapannya dengan adanya SKU, siswa memiliki penguatan pada sisi karakter religiusnya dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan SKU (Standar Kecakapan Ubudiyah) dalam Upaya Penguatan Karakter Religius pada Siswa kelas 7B di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan SKU (Standar Kecakapan Ubudiyah) dalam Upaya Penguatan Karakter Religius pada Siswa kelas 7B di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember? 3) bagaimana Evaluasi SKU (Standar Kecakapan Ubudiyah) dalam Upaya Penguatan Karakter Religius pada Siswa kelas 7B di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember?
Tujuan penelitian ini 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan SKU (Standar Kecakapan Ubudiyah) dalam Upaya Penguatan Karakter Religius pada Siswa kelas 7B di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan SKU (Standar Kecakapan Ubudiyah) dalam Upaya Penguatan Karakter Religius pada Siswa kelas 7B di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi SKU (Standar Kecakapan Ubudiyah) dalam Upaya Penguatan Karakter Religius pada Siswa kelas 7B di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model Miles dan Hubernman dan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian tentang Implementasi SKU untuk memperkuat karakter religius siswa kelas 7B di MTs Negeri 10 Jember menunjukkan 1) Perencanaan dilakukan dengan membentuk tim guru PAI untuk menyusun buku pedoman dan membagi tugas penguji. 2) Pelaksanaan dilakukan dengan metode setoran hafalan yang fleksibel dan ujian tasmi’ jika target tercapai, serta pengawasan sikap religius oleh guru. 3) Evaluasi dilakukan lewat pertemuan rutin setiap tiga bulan dan pembinaan khusus bagi siswa yang kesulitan membaca Alquran di luar jam pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | uul Luk Luul Janah |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 04:01 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 04:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |