Kurniawati Dewi, Putri Ayu (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 2 RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
PUTRI AYU_211101010006_SKRIPSI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Putri Ayu Kurniawati Dewi, 2025: Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti,
Model pembelajaran Talking Stick merupakan strategi kooperatif yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan, keberanian, dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Penerapan model ini penting dalam meningkatkan keterlibatan siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP), yang berperan penting dalam pembentukan karakter religius dan moral siswa.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran PAI-BP di SMP Negeri 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2024/2025? 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran PAI-BP di SMP Negeri 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2024/2025? 3) Bagaimana evaluasi penerapan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran PAI-BP di SMP Negeri 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2024/2025?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapan model Talking Stick dalam pembelajaran PAI-BP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik SMP Negeri 2 Rambipuji. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan dilakukan melalui penyusunan modul ajar, silabus, dan RPP yang disusun bersama guru PAI dan pihak sekolah. 2) Pelaksanaan Talking Stick dilakukan dengan tahapan penyampaian materi, diskusi kelompok, dan sesi tanya jawab menggunakan tongkat sebagai media pemicu interaksi. 3) Evaluasi meliputi penilaian sikap spiritual dan sosial, pengetahuan secara tertulis maupun lisan, serta keterampilan berdasarkan partisipasi dalam diskusi dan keberanian menjawab pertanyaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Putri Ayu Kurniawati Dewi |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 08:55 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 08:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |