Transformasi Program Digital Entrepreneurship di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember

F. Faqih, Nathila (2025) Transformasi Program Digital Entrepreneurship di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NATHILA F. FAQIH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nathila F. Faqih, 2025: Transformasi Program Digital Entrepreneurship di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember
Kata Kunci: Transformasi, Program Digital Entrepreneurship.

Dalam upaya menekan angka pengangguran di Indonesia, pendidikan kewirausahaan menjadi langkah strategis yang perlu dioptimalkan oleh lembaga pendidikan untuk mencetak wirausahawan muda yang mandiri dan siap bersaing. Di era digital yang berkembang pesat, perekonomian digital membuka peluang besar bagi siapa saja untuk terjun ke dunia usaha tanpa bergantung pada lapangan kerja konvensional. Globalisasi juga mendorong pertumbuhan kewirausahaan digital sebagai solusi atas berbagai tantangan ekonomi. Menyikapi hal ini, Program Digital Entrepreneurship di SMAN Umbulsari Jember hadir sebagai inovasi pendidikan yang membekali siswa khususnya yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi dengan keterampilan praktis dan pola pikir wirausaha yang sesuai dengan tuntutan zaman.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Transformasi Program Digital Entrepreneurship di SMAN Umbulsari Jember? 2) Bagaimana Implementasi Transformasi Program Digital Entrepreneurship di SMAN Umbulsari Jember? 3) Bagaimana Evaluasi Transformasi Program Digital Entrepreneurship di SMAN Umbulsari Jember?.
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan Transformasi Program Digital Entrepreneurship di SMAN Umbulsari Jember 2) Untuk mendeskripsikan Implementasi Transformasi Program Digital Entrepreneurship di SMAN Umbulsari Jember 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Transformasi Program Digital Entrepreneurship di SMAN Umbulsari Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode field study (studi lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari Penelitian ini yaitu 1) Perencanaan Transformasi Program Digital Entrepreneurship di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember dimulai dengan identifikasi minat siswa, diikuti penyusunan kurikulum Digital Entrepreneurship yang mencakup e-commerce dan digital marketing dan kemitraan eksternal serta sarana pendukung yang memadai. 2) Implementasi Transformasi Program Digital Entrepreneurship di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember melalui penyesuaian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), pelatihan guru, dan penyediaan sarana seperti laboratorium komputer dan akses internet untuk mendukung pembelajaran berbasis proyek. 3) Evaluasi Transformasi Program Digital Entrepreneurship di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember meliputi ujian tulis dan praktik, penyediaan sarpras seperti laboratorium komputer dan akses internet telah mendukung pembelajaran dan kendala keterlambatan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nathila F. Faqih
Date Deposited: 30 Jun 2025 04:35
Last Modified: 30 Jun 2025 04:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44558

Actions (login required)

View Item View Item