Pengembangan Media Pembelajaran Flipcard berbantuan Spinner pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di MIMA 32 Salafiyah Syafi'iyah Karanganyar Ambulu Jember

Putri, Ning Ulinnuha (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Flipcard berbantuan Spinner pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di MIMA 32 Salafiyah Syafi'iyah Karanganyar Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ning Ulinnuha Putri_214101040020_PGMI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Kebutuhan penggunaan media pembelajaran untuk mendukung hasil
belajar peserta didik sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan media pembelajaran flipcard berbantuan spinner pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV serta mengetahui
kelayakan dan respon pengguna terhadap media tersebut. Latar belakang
penelitian ini didasari oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam proses
pembelajaran IPAS dan terbatasnya media pembelajaran inovatif yang sesuai
dengan karakteristik siswa sekolah dasar.
Penelitian ini merusmuskan tujuan penelitian yaitu: (1) Untuk
mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran flipcard berbantuan
spinner pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah
Karanganyar Ambulu Jember (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan media
pembelajaran flipcard berbantuan spinner pada mata pelajaran IPAS kelas IV di
MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah Karanganyar Ambulu Jember (3) Untuk
mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran flipcard berbantuan spinner
pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah
Karanganyar Ambulu Jember (4) Untuk mendeskripsikan keefektifan media
pembelajaran flipcard berbantuan spinner pada mata pelajaran IPAS kelas IV di
MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah Karanganyar Ambulu Jember.
Pengembangan media pembelajaran flipcard berbantuan spinner
menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model
penelitian ADDIE yang mencakup lima tahapan: Analysis (analisis), Design
(desain) , Development (pengembangan ), Implementation (implementasi), dan
Evaluation (evaluasi). Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara (guru dan peserta didik), angket (validasi ahli materi, ahli
media dan ahli bahasa), tes (preetest dan posttest) dan dokumentasi. Penelitian ini
melibatkan 23 peserta didik kelas IV sebagai subjek uji coba media, yang berasal
dari MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah Karanganyar, Kecamatan Ambulu,
Kabupaten Jember.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan
media pembelajaran flipcard berbantuan spinner dilakukan dengan menganalisis
(analisis kebutuhan, materi, kinerja dan tujuan pembelajaran), mendesain dan
membuat media pembelajaran, mengembangkan dengan validasi ahli (ahli materi,
media dan bahasa), mengimplementasikan kepada peserta didik dan mengevaluasi
hasil pengembangan media tersebut. (2) Hasil rata-rata kelayakan media dari
ketiga validator yaitu Ahli materi, ahli media dan ahli bahasa adalah 84,67%
dengan kriteria sangat layak digunakan (3) Hasil kepraktisan menurut guru 92%
dengan kriteria sangat praktis dan Siswa 86% dengan kriteria sangat praktis (4)
Hasil Keefektifan dengan nilai preetes 37,39% dan nilai posttest 71,73
memperoleh peningktan mencapai 62,9% dengan kategori efektif.
Kata Kunci: Pengembangan, Flipcard, Keragaman Sosial dan Budaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Ning Ulinnuha Putri
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:08
Last Modified: 30 Jun 2025 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44585

Actions (login required)

View Item View Item