Aulia, Fica (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dengan Dimensi CARTER Di Perbankan Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Fica Aulia 212105010038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Fica Aulia, 2025: Pengaruh Kualitas Pelayanan dengan Dimensi CARTER di Perbankan Syariah terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember.
Kata kunci : kualitas pelayanan, dimensi CARTER, kepuasan nasabah
Kualitas pelayanan secara umum adalah penilaian atau persepsi pelanggan terhadap seberapa baik layanan yang diberikan oleh suatu perusahaan atau organisasi memenuhi atau melampaui harapan mereka. Kepuasan nasabah adalah perasaan senang atau kecewa yang didapatkan seseorang dari membandingkan antara kinerja (hasil) produk yang dipersepsikan dan ekspetasinya.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh signifikan dimensi Compliance terhadap kepuasan nasabah? 2) Apakah ada pengaruh signifikan dimensi Assurance terhadap kepuasan nasabah? 3) Apakah ada pengaruh signifikan dimensi Reliability terhadap kepuasan nasabah? 4) Apakah ada pengaruh signifikan dimensi Tangibles terhadap kepuasan nasabah? 5) Apakah ada pengaruh signifikan dimensi Empathy terhadap kepuasan nasabah? 6) Apakah ada pengaruh signifkan dimensi Responsiveness terhadap kepuasan nasabah? 7) Apakah ada pengaruh signifikan dimensi Compliance, Assurance, Reliability, Tangibles, Emphaty, Responsiveness terhadap kepuasan nasabah?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pengaruh signifikan dimensi Compliance terhadap kepuasan nasabah. 2) Untuk menganalisis pengaruh signifikan dimensi Assurance terhadap kepuasan nasabah. 3) Untuk menganalisis pengaruh signifikan dimensi Reliability terhadap kepuasan nasabah. 4) Untuk menganalisis pengaruh signifikan dimensi Tangibles terhadap kepuasan nasabah. 5) Untuk menganalisis pengaruh signifikan dimensi Empathy terhadap kepuasan nasabah. 6) Untuk menganalisis pengaruh signifikan dimensi Responsiveness terhadap kepuasan nasabah. 7) Untuk mengukur seberapa besar pengaruh signifikan antara dimensi Compliance, Assurance, Reliability, Tangibles, Emphaty, Responsiveness terhadap kepuasan nasabah.
Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif yaitu dengan menyebar kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BSI KCP Kencong Jember, dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dengan teknik Probability Sampel. Dan menggunakan alat analisis uji validitas dn reabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi (R2) dengan bantuan program SPSS Statistics versi 26.
Hasil dari penelitian ini terdiri atas variabel compliance, assurance, reliability, tangible, emphaty, dan responsiveness terhadap kepuasan nasabah yang dapat disimpulkan bahwa hanya variabel tangible yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah secara parsial dan seluruh variabel berpengaruh secara simultan. Variabel yang paling dominan dalam penelitian ini adalah emphaty.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Fica Aulia |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 06:56 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 06:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44601 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |