Wildaniyah, Ulfatun (2025) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal open ended berdasarkan teori newman materi ekologi dna keanekaragaman hayati kelas VII-A di MTs darissalam batuampar guluk-guluk sumenep. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
Ulfatun Wildaniyah_ 211101100003__.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Kata kunci : Analisis Kesalahan, Open Ended, dan Teori Newman
Analisis kesalahan pada penelitian ini merupakan suatu penyelidikan dan proses menganalisis macam-macam kesalahan yang di lakukan siswa dalam menyelesaikan soal open ended materi ekologi dan keanekaragaman hayati berdasarkan teori Newman yaitu : kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darissalam Batuampar kelas VII-A dengan subjek penelitian 16 siswa. Subjek yang diambil untuk diwawancarai 4 orang siswa dari 16 siswa, pengambilan sampel ini berdasarkan kriteria siswa yang banyak melakukan kesalahan pada saat mengerjakan soal open ended materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan disebabkan kesulitan dalam membaca, kesulitan dalam memahami dan kesalahan dalam penulisan jawaban akhir. Kesalahan membaca dikarenakan siswa tidak bisa membaca dan salah membaca dari soal sehingga salah pemahaman terhadap inti permasalahan. Kesalahan memahami siswa disebabkan karena siswa salam dalam memahami soal contoh pada kalimat Konservasi yang merupakan suatu upaya untuk melestarikan dan melindungi sumber daya alam. Namun, siswa masih salah dalam memahami hal tersebut. Selanjutnya kesalahan penulisan jawaban akhir, kesalahan ini disebabkan karena siswa terburu-buru dalam menyelesaikan soal sehingga jawaban yang mereka tulis tidak sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilaksanakan oleh peneliti.
Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi apasaja kesalahan yang di lakukan oleh siswa dan faktor apasaja yang menyebabkan siswa melakkan kesalahan dalam mengerjakan soal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kesalahan siswa dalam mengerjakan soal yaitu: kesalahan membaca, kesalahan memahami dan kesalahan. Siswa melakukan kesalahan membaca dikarenakan siswa tidak mengenali kata atau sismbol atau siswa bisa membaca namun tidak dapat menankap inti permasalahan yang dikaji. Faktor siswa melakukan kesalahan memahami dikarenakan siswa tidak memahami apa yang dimaksud dari soal, siswa bingng dengan istilah konservasi, dan menganggap bahwa menanyakan hal yang berbeda dari kenyataannya. Selanjutnya kesalahan penulisan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Depositing User: | Ms Ulfatun Wildaniyah |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 07:01 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 07:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |