IMPLEMENTASI MATERI SEKOLAH ORANG TUA HEBAT (SOTH) KEPADA BALITA DI DESA RAMBIGUNDAM

Hidayah, Lailul (2025) IMPLEMENTASI MATERI SEKOLAH ORANG TUA HEBAT (SOTH) KEPADA BALITA DI DESA RAMBIGUNDAM. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI-LAILUL HIDAYAH__.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Sekolah Orang Tua Hebat, Balita

Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) merupakan program pendidikan nonformal yang dirancang khusus untuk membekali orang tua, khususnya yang memiliki anak usia balita, dengan pengetahuan dan keterampilan pengasuhan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Program ini menekankan pentingnya peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan anak selama masa golden age, yaitu usia 0–5 tahun, yang merupakan masa krusial bagi pertumbuhan kognitif, fisik, dan emosional. Melalui materi yang diajarkan di SOTH, seperti teknik sensory play, pemberian afirmasi positif (pujian, perhatian, dan dukungan), serta penguatan interaksi positif antara orang tua dan anak, diharapkan perkembangan anak dapat berlangsung secara optimal.
Penelitian ini guna menjawab tiga fokus penelitian, yaitu: 1) Apa saja strategi yang digunakan oleh orang tua dalam mengimplementasikan materi Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) kepada balita di Desa Rambigundam? 2) Apa saja hambatan yang dihadapi oleh orang tua dalam proses implementasi tersebut? dan 3) Bagaimana dampak dari implementasi materi SOTH terhadap perkembangan balita?
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengasuhan yang diterapkan orang tua berdasarkan materi SOTH, mengidentifikasi hambatan yang mereka hadapi dalam proses tersebut, serta mengevaluasi dampaknya terhadap perkembangan balita secara menyeluruh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, yang melibatkan empat orang tua peserta aktif SOTH di Desa Rambigundam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi implementasi materi dilakukan secara perlahan dan bertahap. Hambatan yang muncul berasal dari faktor internal, seperti ketidak konsistenan emosi orang tua dan rasa tidak tega terhadap anak, serta faktor eksternal, seperti kurangnya dukungan lingkungan sekitar. Meskipun demikian, implementasi materi SOTH memberikan dampak positif terhadap perkembangan balita, baik dari aspek kognitif (kemampuan berpikir dan memecahkan masalah), fisik (pertumbuhan dan keterampilan motorik), maupun emosional (pengendalian emosi dan interaksi sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Lailul Hidayah
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:53
Last Modified: 30 Jun 2025 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44632

Actions (login required)

View Item View Item