AL FARUQI, AFIQ MADANI (2025) IMPLEMENTASI METODE PEER TUTORING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS DARUL MUKHLISIN MAYANG JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
SKRIPSI AFIQ(2).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci: Peer Tutoring, Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Fikih
Pembelajaran Fikih menghadapi tantangan dalam meningkatkan partisipasi
aktif siswa, terutama karena dominasi metode konvensional yang berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan rendahnya keterlibatan siswa dalam bertanya,
berdiskusi, dan menyampaikan pendapat, sehingga pembelajaran menjadi pasif dan kurang mendorong pemahaman serta daya kritis siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan inovasi metode yang lebih interaktif dan partisipatif, salah satunya adalah metode peer tutoring, di mana siswa bertindak sebagai tutor sebaya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini difokuskan pada dua hal,
yaitu: (1) Bagaimanakah tahapan pelaksanaan metode pembelajaran peer tutoring dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Mukhlisin Mayang Jember? (2) Bagaimanakah proses evaluasi terhadap penerapan metode pembelajaran peer tutoring dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Mukhlisin Mayang Jember?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam proses
penerapan metode peer tutoring dalam pembelajaran Fikih serta mengevaluasi sejauh mana metode ini berdampak pada peningkatan partisipasi aktif siswa dan pemahaman terhadap materi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu memilih informan yang dianggap paling relevan dengan fokus penelitian. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldaña, yang mencakup tiga tahapan: kondensasi data (data reduction), penyajian data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi, yang melibatkan pemeriksaan data dari berbagai sumber dan metode untuk memastikan kredibilitas temuan penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AFIQ MADANI AL FARUQI |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 08:07 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 08:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |