PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KELAS V BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN ASSEMBLER EDU PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI BALUNGKULON 03 JEMBER

DEWI, HIDAYATI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KELAS V BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN ASSEMBLER EDU PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI BALUNGKULON 03 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
DEWI HIDAYATI_212101040033_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran perlu menyesuaikan dengan
perkembangan zaman dan kebutuhan peserta didik agar pembelajaran serta
pendidikan dapat berkembang dan berjalan dengan baik. Akan tetapi, berdasarkan
observasi dan wawancara di SDN Balungkulon 03 didapati sejumlah kendala
seperti peserta didik kelas V kurang dalam minat belajar serta kesulitan dalam
memahami materi terkait cahaya dan bunyi karena belum adanya media yang
memungkinkan. Oleh sebab itu, media pembelajaran berbasis Augmentet Reality
menggunakan Assemblr Edu digunakan untuk dapat mendorong minat belajar dan
membantu memudahkan peserta didik dalam memahami pembelajaran.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana penerapan
pengembangan media pembelajaran interaktif kelas V berbasis Augmentet Reality
menggunakan Assemblr Edu pada pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar Negeri
Balungkulon 03 Jember?, 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media
pembelajaran
interaktif kelas V berbasis Augmentet Reality menggunakan
Assemblr Edu pada pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar Negeri Balungkulon 03
Jember?. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) Mengetahui
bagaimana penerapan pengembangan media pembelajaran interaktif kelas V
berbasis Augmentet Reality menggunakan Assemblr Edu pada pembelajaran IPAS
di Sekolah Dasar Negeri Balungkulon 03 Jember, 2) Mengetahui kelayakan dari
pengembangan media pembelajaran interaktif kelas V berbasis Augmentet Reality
menggunakan Assemblr Edu pada pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar Negeri
Balungkulon 03 Jember.
Penelitian ini menggunaka metode pengembangan yang sering disebut
R&D atau (Research and Development). Model yang digunakan pada penelitian ini
yaitu model ADDIE (Analiysis, Design, Development, Implementation, Evaluation.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, pengisian angket,
dan dokumentasi. Subjek uji coba yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data
kuntitatif dengan menggunakan perhitungan skala Likert sebagai teknik analisis
data.
Hasil penelitian menunjukan: 1) proses pengembangan media Assemblr Edu
yang diakses menggunakan smartphone dan berbantuan aplikasi atau situs web,
dilengkapi dengan gambar berbentuk 3D serta dicantumkanya nama-nama dan
pengertian dari bagian mata dan telinga. 2) Kelayakan media Assemblr Edu yang
telah dikembangkan dapat diakatakan layak digunakan, data ini dapat dibuktikan
dengan hasil angket ahli media, ahli materi dan ahli pembelajara deangan
presentase 98,6% Kemudian diperkuat dengan hasil angket peserta didik yang
menunjukan presentase 95,2%, sehingga mampu dinyatakan media Augmentet
Reality menggunakan Assemblr Edu ini sangat layak dan mendapatkan respon baik
dari pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: dewi hidayati
Date Deposited: 30 Jun 2025 08:20
Last Modified: 30 Jun 2025 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44650

Actions (login required)

View Item View Item