PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “FISH PUZZLE” PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI PESERTA DIDIK KELAS 1 MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 JEMBER

sholihah, ica rif'atus (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “FISH PUZZLE” PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI PESERTA DIDIK KELAS 1 MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
skripsi ica rif'atus sholihah 211101040003 WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran Fish Puzzle didasarkan pada
rendahnya minat peserta didik terhadap pembelajaran matematika, khususnya
pada materi penjumlahan dan pengurangan di kelas I MIN 1 Jember. Media ini
dirancang sebagai permainan edukatif yang memungkinkan peserta didik belajar
sambil bermain melalui kegiatan mencocokkan angka dengan soal serta jenis ikan
dengan jenis bilangan. pengembangan ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan
siswa dalam pembelajaran, tetapi juga melatih kemampuan berpikir kritis. Fish
Puzzle menjadi alternatif media yang menarik dan kontekstual untuk mendukung
proses pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Untuk menghasilkan produk berupa media
pembelajaran fish puzzle (2) Mengetahui kelayakan penggunaan media
pembelajaran fish puzzle (3) Untuk mengetahui hasil observasi pengamatan
terhadap penggunaan media pembelajaran Fish.
Pengembangan media pembelajaran fish puzzle menggunakan metode
Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang menerapkan lima
tahap: Analysisi, Design, development, Implementation, dan Evaluation. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.
Hasil dari penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa; (1) Produk media
pembelajaran Fish Puzzle berhasil dikembangkan dengan baik dan sesuai dengan
karakteristik peserta didik kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember. Media ini
dirancang untuk materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan
menggabungkan unsur bermain dan belajar, sehingga mampu menarik perhatian
dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. (2)Hasil validasi memperoleh
nilai dari validator ahli materi sebesar 94,5% validator ahli media sebesar 90,5%,
serta validator ahli bahasa sebesar 92%, serta ahli pembelajaran mendapatkan skor
sebesar 93% sehingga didapatkan nilai rata-rata kevalidan sebesar 92,5%, yang
dikategorikan “sangat valid”. (3) Hasil observasi menunjukkan bahwa
penggunaan media pembelajaran Fish Puzzle dalam pembelajaran Matematika
kelas I di MIN 1 Jember mendapatkan respon yang sangat baik. Peserta didik
tampak antusias, aktif, dan termotivasi selama kegiatan berlangsung. Media ini
berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan membantu
pemahaman siswa terhadap materi penjumlahan dan pengurangan bilangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media pembelajaran, fish puzzle , penjumlahan dan pengurangan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ica rifatus
Date Deposited: 30 Jun 2025 08:30
Last Modified: 30 Jun 2025 08:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44655

Actions (login required)

View Item View Item