Anisyah, Siti (2025) PENGARUH SELF-REGULATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA SOAL MODEL PISA KONTEN CHANGE & RELATIONSHIP DI KELAS VIII SMPN 1 KALISAT KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI REVISIIIIIIIIIIIIII-1.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Kata kunci: Self-regulation, kemampuan pemecahan masalah matematis, change and relationship
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan aspek penting dalam memastikan keberhasilan siswa untuk menghadapi tantangan akademik maupun di kehidupan nyata. Pada soal model PISA konten change and relationship, kemampuan ini menuntut siswa untuk memahami, merencanakan, menerapkan strategi, dan memeriksa kembali. Namun, tingkat kemampuan tersebut masih menunjukkan variasi yang cukup besar di kalangan siswa, hal tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor non-kognitif seperti self-regulation.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada soal model PISA konten change and relationship di kelas VIII SMPN 1 Kalisat Kabupaten Jember. 2) Mendeskripsikan self-regulation siswa di kelas VIII SMPN 1 Kalisat Kabupaten Jember. 3) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan self-regulation terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada model PISA pada konten change & relationship di kelas VIII SMPN 1 Kalisat Kabupaten Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kalisat, dengan sampel yang diambil menggunakan teknik probability sampling berjenis simple random sampling sebanyak 72 siswa. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur self-regulation dan tes pemecahan masalah matematis soal model PISA konten change and relationship. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dengan bantuan software IBM Statistic SPSS 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulation siswa kelas VIII SMPN 1 Kalisat berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 83,5 dan standar deviasinya adalah 9,92. Hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Kalisat berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata sebesar 78,37 dan standar deviasinya adalah 13,57. Hasil analisis data juga menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan self-regulation terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 0,066 dengan persamaan regresi sederhana Y=49,032+0,351X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-regulation, kemampuan pemecahan masalah matematis, change and relationship |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Siti Anisyah |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 04:53 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 04:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44674 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |