Sholiqah, Atik Maratus (2025) Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Melalui Program Corporate Social Responsibility Pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Pabrik Tuban. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
SKRIPSI_Atik Maratus Sholiqah.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kata kunci: Strategi Pemberdayaan, Kesejahteraan Ekonomi, Corporate Social Responsibility
PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban telah melakukan tanggung jawab perusahaan yang disebut dengan program Corporate Social Responsibility. Program Corporate Social Responsibility dalam aspek pemberdayaan masyarakat terdiri dari 4 program yaitu program ternak kambing, program konveksi, program kuliner, dan program pengolahan limbah jagung. Program Corporate Social Responsibility ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat khususnya wilayah pengembangan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban.
Penelitian ini menguraikan terkait bagaimana strategi pemberdayaan yang dilakukan oleh PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pelaksanaan pemberdayaan melalui program Corporate Social Responsibility.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara mendalam bagaimana strategi pemberdayaan yang dilakukan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban dalam program Corporate Social Responsibility serta faktor pendukung dan penghambat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dengan model Milles & Huberman, sedanhkan keabsahan data dengan tiga triangulasi yaitu triangulasi sumber, teknik, dan waktu.
Kesimpulannya; 1) strategi pemberdayaan dalam program Corporate Social Responsibility yaitu dengam memberikan arahan tenaga berdasarkan program yang akan dilakukan, memberikan dana dalam pelaksanaan program, memberikan fasilitas untuk mendukung pelaksanaan program, serta tepat sasaran dalam merealisasikan program. 2) faktor pendukungnya yaitu koordinasi dan komunikasi serta monitoring dan evaluasi. Faktor penghambatnya antara lain belum bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, dan lebih mementingkan kepentingan pribadi dibandingkan orang banyak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160701 Clinical Social Work Practice 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Atik Atik Maratus Sholiqah |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 01:31 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 01:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |