Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas IX di SMPN 2 Tempeh

LindaYanti, Rhosa (2025) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas IX di SMPN 2 Tempeh. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI RHOSA LINDAYANTI T20181225.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

Rhosa LindaYanti, 2025 : Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas IX di SMPN 2 Tempeh
Kata Kunci : Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Religus
Karakter merupakan hal penting yang harus ada pada dalam diri manusia, terutama karakter religius. Karakter religius harus ditanamkan dalam diri siswa agar mereka menjadi insan kamil yang memiliki akhlak serta perilaku yang baik. Dalam membentuk karakter religius siswa dibutuhkan upaya dari guru Pendidikan Agama Islam. SMPN 2 Tempeh merupakan salah satu sekolah formal yang berada di Kecamatan Tempeh dengan sekolah yang bukan berlatar belakang agama, namun meski demikian nuansa religius tetap ada.
Hal ini dibuktikan dengan pembiasan serta program keagamaan yang sudah membudaya. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa kelas IX di SMPN 2 Tempeh? 2) Bagaimana hasil upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa kelas IX di SMPN 2 Tempeh?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Lokasi penelitian yang dipilih adalah di SMPN 2 Tempeh. Pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Analisis data menggunakan teori analisis dari Miles, Huberman dan Saldana yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil: 1) Upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa kelas IX melalui pembiasaan dan program keagamaan yakni (a) asmaul husna, (b) tausiyah pagi, (c) sholat dhuhur berjamaah, (d) membaca surat yasin, (e) infaq, (f) tadarus bersama, (g) serta sikap keteladanan dengan pembiasaan 5S. 2) Hasil upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa kelas IX di SMPN 2 Tempeh mengalami peningkatan dalam menjalankan pembiasaan dan program keagamaan yang ada. Hasil dari upaya guru Pendidikan Agama Islam sebagai berikut: (a) siswa yang awalnya tidak mau melakukan sholat dhuhur berjamaah mereka pelan-pelan mulai melakukannya tanpa disuruh oleh guru (b) sudah mulai melakukan pembiasaan membawa Al-Qur'an untuk membaca yasin (c) sholat Jum'at sudah dilakukan dengan baik (d) saling tegur sapa bersama guru dan teman (e) siswa sudah menerapkan pembiasaan 5S dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160302 Fertility
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Rhosa LindaYanti
Date Deposited: 01 Jul 2025 01:53
Last Modified: 01 Jul 2025 01:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44720

Actions (login required)

View Item View Item