Penggunaan Aplikasi Tombol Quiz Buzzer Pada Metode Kerja Kelompok Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VII Di MTs Kholid Bin Walid

Muhibbin, M. Asrorul (2021) Penggunaan Aplikasi Tombol Quiz Buzzer Pada Metode Kerja Kelompok Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VII Di MTs Kholid Bin Walid. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Asrorul Muhibbin_T20171094-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

M. Asrorul Muhibbin, 2021 : Penggunaan Aplikasi Tombol Quiz Buzzer Pada Metode Kerja Kelompok Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII di MTs Kholid bin Walid.
Kata Kunci : Aplikasi Tombol Quiz Buzzer, Metode Kerja Kelompok, Al-Qur’an Hadis.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin tinggi menjadikan semua bidang kehidupan termasuk pendidikan harus terus berkembang. Salah satu bentuk dari hadirnya teknologi yakni Aplikasi. Banyak aplikasi tersedia dari memang yang di desain khusus untuk pendidikan sampai yang sifatnya umum, salah satunya aplikasi tombol Quiz Buzzer. Aplikasi ini bisa dipadukan dengan metode kerja kelompok dengan harapan mampu mengangkat partisipasi siswa di kelas serta tanggung jawab antar anggota kelompok.
Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana tahap penggunaan aplikasi Tombol Quiz Buzzer pada metode kerja kelompok mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII di MTs Kholid bin Walid? (2) Bagaimana teknik pengembangan aplikasi Tombol Quiz Buzzer pada metode kerja kelompok mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII di MTs Kholid bin Walid?
Tujuan penelitian ini adalah : Mendeskripsikan (1) Tahap penggunaan aplikasi Tombol Quiz Buzzer pada metode kerja kelompok mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII di MTs Kholid bin Walid. (2) Teknik pengembangan aplikasi Tombol Quiz Buzzer pada metode kerja kelompok mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII di MTs Kholid bin Walid.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian Field Research. Adapun penentuan subjek penelitiannya menggunakan teknik purposive, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis model Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian dapat disimpulkan (1)Tahap penggunaan dimulai dari alasan penggunaan dikarenakan guru Al-Qur’an Hadis sudah lama ingin menggunakan alat itu namun karena tidak ada alat sehingga tidak jadi, sampai akhirnya menemukan aplikasinya. Serta menggunakan metode kerja kelompok karena melatih siswa berdiskusi bersama, serta memiliki tanggung jawab terhadap kelompokmya. Kemudian tahap penggunaan dimulai dari pembuatan kelompok, menyiapkan materi serta menyiapkan aplikasinya, tiap anggota kelompok maju menekan tombol kemudian me reiew materi bersama sampai guru mengakhiri pelajaran dan memberikan reward kepada kelompok pemenang. Sementara dari volume penggunaan sesuai dengan materi yang dipilih, lalu kelebihan yang cukup banyak seperti mudah digunakan dan banyak fitur serta hasil yang memuaskan karena hanya aplikasi sederhana bisa membuat partisipasi serta tanggung jawab siswa terhadap kelompok cukup baik.(2) Teknik pengembangan aplikasi Tombol Quiz Buzzer pada metode kerja kelompok mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII di MTs Kholid bin Walid, pada saat awal pembelajaran guru bertanya terkait materi yang sedang siswa pelajari bersama kelompoknya, kemudian saat penerapan guru bisa merubah tata letak tombola atau cara maju untuk berbaris. Pengembangan apabila ada materi yang panjang bisa dibuat meneruskan kalimat atau menyambung ayat, selain itu materi yang sudah dipelajari masuk ke ulangan harian dikarenakan partisipasi siswa bagus saat dikelas menggunakan aplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr M. Asrorul Muhibbin
Date Deposited: 17 Feb 2022 06:54
Last Modified: 17 Feb 2022 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4474

Actions (login required)

View Item View Item