ANALISIS WACANA KRITIS KOMUNIKASI DAKWAH TRADING HALAL: STUDI KASUS INFLUENCER MUSLIM DERAMELIA

Muzaqqi, Mohammad (2025) ANALISIS WACANA KRITIS KOMUNIKASI DAKWAH TRADING HALAL: STUDI KASUS INFLUENCER MUSLIM DERAMELIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
REVISI MUZAQQI (19 Juni).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (899kB)

Abstract

Muzaqqi, Mohammad.2025. Analisis Wacana Kritis Komunikasi Dakwah Trading Halal: Studi Kasus Influencer Muslim Deramelia

Kata Kunci: Komunikasi Dakwah, Trading Halal, Influencer Muslim, Media Sosial, Wacana Kritis, Teun A. van Dijk.

Penelitian ini membahas tentang bagaimana konstruksi wacana kritis trading halal dibentuk melalui komunikasi dakwah oleh seorang influencer Muslim bernama Deramelia di media sosial. Peran influencer di era digital dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah berakibat pada tergesernya lembaga-lembaga dakwah sehingga rentan terjadi bias interpretasi. Logika media saat ini tidak mengacu pada latar belakang keilmuan seseorang ketika menyampaikan suatu dakwah. Syarat utama untuk mencapai pada tahap ini adalah banyaknya memiliki followers, sehingga lebih mudah mempengaruhi para pengikutnya. Penelitian ini akan membahas tentang studi kasus influencer Deramelia dalam menyampaikan dakwah tentang trading halal di media sosial.
Adapun fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk komunikasi dakwah influencer muslim Deramelia untuk menyampaikan konsep trading halal di media sosial tiktok dan instagram? 2) Bagaimana konstruksi pesan-pesan dakwah yang digunakan influencer muslim Deramelia dalam menyampaikan konsep trading halal di media sosial tiktok dan instagram?. Fokus ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi dakwah dan konstruksi pesan-pesan dakwah yang digunakan oleh Deramelia di media Instagdam dan Tiktok.
Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif, sedangkan data-data didapatkan melalui dokumentasi, yaitu infliencer Deramelia yang menjadi objek utama dalam penelitian ini. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis secara deskriptif. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah teori Analisis Wacana Kritis yang dikembangkan oleh A. Van Djik.
Hasil temuan penelitian mengungkap bahwa, pertama: Dera Melia mengedukasi tentang trading halal di media sosial melalui pendekatan yang santai, personal, dan komunikatif. Ia memanfaatkan gaya bahasa keseharian yang mudah dipahami, menggunakan istilah populer seperti "cuan halal" dan "investasi anti dosa", sehingga pesan dakwah tersampaikan tanpa kesan menggurui. Kedua; Konstruksi wacana trading halal yang dibangun Dera Melia menunjukkan adanya perebutan makna dalam arena diskursif media sosial. Secara teks, ia mengonstruksi narasi trading halal sebagai alternatif sah terhadap stigma negatif trading konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: MOHAMMAD MUZAQQI
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:33
Last Modified: 01 Jul 2025 02:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44750

Actions (login required)

View Item View Item