IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL WAFA DESA DEMUNG KECAMATAN BESUKI KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Nuril Jamalia, Siti (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL WAFA DESA DEMUNG KECAMATAN BESUKI KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SITI NURIL JAMALIA (nim. T20171100).pdf

Download (3MB)

Abstract

Siti Nuril Jamalia, 2021 “Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Wafa Desa Demung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2020/2021”

Kata Kunci: Pendidikan Moderasi Beragama, Nasionalisme, Toleransi, Anti Kekerasan.

Upaya pencegahan radikalisme agama dalam kehidupan sehari-hari dapat diperkuat dengan adanya implementasi pendidikan moderasi beragama yang ada di madrasah. Madrasah Tsanawiyah Nurul Wafa yang terletak di Jl. PG Demaas PO.BOX 17 Desa Demung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Menjadi wadah atau naungan untuk mengokohkan pendirian dan keyakinan para peserta didik supaya tidak terjerumus pada paham radikalisme.
Adapun fokus penelitian yang di ambil adalah: (1) Bagaimana implementasi pendidikan moderasi beragama dalam aspek nasionalisme di MTs Nurul Wafa? (2) Bagaimana implementasi pendidikan moderasi beragama dalam aspek toleransi di MTs Nurul Wafa? (3) Bagaimana implementasi pendidikan moderasi beragama dalam aspek anti kekerasan di MTs Nurul Wafa?
Tujuan penelitian ini adalah:(1) Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan moderasi beragama dalam aspek nasionalisme di MTs Nurul Wafa,(2)Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan moderasi beragama dalam aspek toleransi di MTs Nurul Wafa, (3)Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan moderasi beragama dalam aspek anti kekerasan di MTs Nurul Wafa.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi lapangan. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dengan langkah-langkah kondensasi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Adapun hasil penelitian yang didapatkan penulis, yaitu: (1) Implementasi pendidikan moderasi beragama dalam aspek nasionalisme yang dilaksanakan di MTs Nurul Wafa terdiri atas dua pelaksanaan yakni pelaksanaan di luar kelas dan di dalam kelas. Diluar kelas yaitu melaksanakan upacara bendera setiap hari senin, mengikuti upacara bendera dengan khidmat, membuang sampah pada tempatnya. Sedangkan didalam kelas yaitu melalui mata pelajaran PPKN, materi tentang dinamika perwujudan pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.(2)Implementasi pendidikan moderasi beragama dalam aspek toleransi yang dilaksanakan di MTs Nurul Wafa terdiri atas dua pelaksanaan yakni pelaksanaan di luar kelas dan di dalam kelas. Diluar kelas yaitu guru tidak menghalangi siswa berteman dengan siapa saja, entah itu berbeda ras, suku, budaya, bahasa, dan agama, serta dalam melaksanakan kegiatan seperti maulid nabi dan pembagian daging qurban selalu melibatkan warga sekitar. pelaksanaan yang berada di dalam kelas yaitu melalui diskusi didalam kelas, guru mengajarkan siswa untuk bisa menerima dan menghargai pendapat dari orang lain. (3)Implementasi pendidikan moderasi beragama dalam aspek anti kekerasan yang dilaksanakan di MTs Nurul Wafa, dengan Demung ialah dengan menerbitkan buku saku pelanggaran dan melalui pelajaran didalam kelas yakni pelajaran akidah akhlak dan al-Qur’an hadist. hal ini agar menghindari adanya kekerasan yang berada di madrasah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 04 EARTH SCIENCES > 0401 Atmospheric Sciences > 040101 Atmospheric Aerosols
04 EARTH SCIENCES > 0401 Atmospheric Sciences > 040102 Atmospheric Dynamics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nuril Jamalia
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:16
Last Modified: 16 Feb 2022 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4479

Actions (login required)

View Item View Item