Eni, Mira Qonita (2025) PENERAPAN MENGGAMBAR DENGAN TEKNIK PERCIK UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA KELOMPOK A2 DI TK ISLAM TERPADU AL-FATH KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Eni Mira QonitaFinallyy.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Eni Mira Qonita, 2025: Penerapan Menggambar Dengan Teknik Percik Untuk Mengembangkan Motorik Halus Pada Kelompok A2 Di TK Islam Terpadu Al-Fath Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember
Kata Kunci: Teknik Percik, Motorik Halus
Menggambar dengan teknik percik merupakan salah satu cara untuk mengembangnkan motorik halus kelompok A2 di TK Islam Terpadu Al-Fath Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Teknik ini terbilang unik karena dalam penerapannya dengan cara menggosokkan alat yaitu sika gigi dan sisir untuk menghasilkan bayangan dari gambar cetak, menggunakan beberapa macam daun yang berada disekitar sekolah
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana penerapan menggambar dengan teknik percik untuk mengembangkan motorik halus pada kelompok A2 di TK Islam Terpadu Al-Fath Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember? 2) bagaimana kemampuan motorik halus anak melalui menggambar dengan teknik percik pada kelompok A2 di TK Islam Terpadu Al-Fath Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?
Tujuan peneliti ini adalah 1.) untuk mendeskripsikan penerapan menggambar dengan teknik percik untuk mengembangkan motorik halus pada kelompok A2 di TK Islam Terpadu Al-Fath Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. 2.) untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak melalui menggambar dengan teknik percik pada kelompok A2 di TK Islam Terpadu Al-Fath Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis ada menggunakan Miles dan Huberman meliputi kondensasi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan tiga jenis triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Penerapan yang dilakukan di TK Islam Terpadu Al-Fath Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember, mencakup beberapa langkah yaitu perencanaan dan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru menyiapkan alat yang akan digunakan, guru memposisikan anak, guru menyiapkan alat dan bahan teknik percik, guru memberikan aneka bahan alam, guru mengajak anak untuk berdiskusi tentang kegiatan. 2) Kemampuan motorik halus anak kelompok A2 TK Islam Terpadu Al-Fath Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember menunjukkan kemampuan menciptakan gambar dengan teknik percik BB 1, MB 2, BSH 8, BSB 5, menggosok alat teknik percik diatas permukaan kertas BB 1, MB 2, BSH 8, BSB 5 dan kreativitas mewarnai dan memilih cat dalam menggambar BB 1, MB 2, BSH 8, BSB 5.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Eni Mira Qonita |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:01 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 03:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44791 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |