Peran Kader Bina Keluarga Balita (BKB) Teratai 23 Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Desa Wonorejo Kecamatan Kencong

Maharani, Nur Silvia (2025) Peran Kader Bina Keluarga Balita (BKB) Teratai 23 Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Desa Wonorejo Kecamatan Kencong. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FIXX WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pembentukan karakter anak sejak usia dini merupakan pondasi penting dalam menciptakan generasi yang bermoral dan berkepribadian baik. Program Bina Keluarga Balita (BKB) merupakan salah satu upaya dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang ditujukan untuk membantu orang tua dalam proses pengasuhan dan pembentukan karakter anak. Dalam penelitian ini, program BKB Teratai 23 menjadi fokus utama untuk melihat bagaimana peran kader dalam membina orang tua dan anak usia dini agar tumbuh dengan karakter yang kuat dan positif. Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran kader BKB Teratai 23 dalam pembentukan karakter anak usia dini di Desa Wonorejo Kecamatan Kencong.?, 2) Apa saja nilai-nilai karakter yang dibentuk melalui peran kader BKB Teratai 23 di Desa Wonorejo Kecamatan Kencong.?, Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui peran kader Bina Keluarga Balita (BKB) teratai 23 dalam pembentukan karakter anak usia dini di Desa Wonorejo Kecamatan Kencong. 2) Untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang dibentuk melalui peran kader Bina Keluarga Balita (BKB) Teratai 23 pada anak usia dini.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kader BKB Teratai 23 memiliki peran penting dalam memberikan penyuluhan kepada orang tua, memberikan stimulasi tumbuh kembang anak, serta melakukan pemantauan dan pencatatan perkembangan anak menggunakan Kartu Kembang Anak (KKA). Peran tersebut berdampak positif dalam pembentukan karakter anak, seperti terbentuknya nilai-nilai moral dan nilai-nilai intelektual pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Nur Silvia Maharani
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:40
Last Modified: 01 Jul 2025 03:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44798

Actions (login required)

View Item View Item