Qaisussari, Muhammad Nawail (2025) Digitalisasi Manajemen Humas Dalam Membangun Citra Madrasah Aliyah Al Barokah Padasan Pujer Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Shiddiq Jember.
![]() |
Text
bismillah barokah kiai seppo ginggung (1) (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari perencanaan, organisasi,
pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya.
Sehubungan dengan hal ini, untuk mewujudkan tujuan pendidikan diperlukan peran
suatu lembaga pendidikan. Pengelolaan lembaga pendidikan yang baik, baik dari
input, proses hingga output, akan menghasilkan lembaga pendidikan yang
berkualitas. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan beberapa fokus
penelitian, yaitu: bagaimana peran digitalisasi manajemen humas dalam
membangun citra Madrasah Aliyah Al Barokah, bagaimana strategi digitalisasi
manajemen humas dalam membangun citra Madrasah Aliyah Al Barokah, dan
bagaimana implikasi manajemen humas dalam membangun citra Madrasah Aliyah
Al Barokah Padasan Pujer Bondowoso.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peran digitalisasi
manajemen humas dalam membangun citra Madrasah Aliyah Al Barokah, 2)
Mendeskripsikan strategi digitalisasi manajemen humas dalam membangun citra
Madrasah Aliyah Al Barokah, 3) Mendeskripsikan implikasi manajemen humas
dalam membangun citra Madrasah Aliyah Al Barokah Padasan Pujer Bondowoso.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif.
Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, interview dan dokumentasi
kepada beberapa informan, diantaranya: Kepala Sekolah, Waka Humas, Komite dan
siswa. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan metode Triangulasi.
Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Digitalisasi manajemen humas di
Madrasah Aliyah Al Barokah Padasan Pujer Bondowoso memainkan peran yang
sangat penting dalam membangun citra positif madrasah di mata publik. Dengan
memanfaatkan teknologi dan media digital seperti WhatsApp, Facebook, TikTok,
Instagram dan YouTube, madrasah ini berhasil meningkatkan efektivitas
komunikasi dengan siswa, orang tua, alumni, dan masyarakat umum. 2) Strategi
digitalisasi yang diterapkan oleh Madrasah Aliyah Al Barokah terbukti efektif
dalam memperkuat citra mereka. Dengan membangun dan mengelola berbagai
platform media sosial serta website resmi, madrasah secara aktif menyebarkan
informasi terkini mengenai kegiatan belajar mengajar, prestasi siswa, dan program
ekstrakurikuler. Mereka juga melakukan riset untuk menyesuaikan konten dengan
preferensi audiens utama mereka, seperti orang tua siswa dan masyarakat umum,
sehingga dapat memaksimalkan interaksi dan membangun kepercayaan. 3)
Implikasi digitalisasi manajemen humas memberikan dampak signifikan bagi
Madrasah Aliyah Al Barokah. Melalui media sosial dan situs web resmi,
penyebaran informasi menjadi lebih cepat dan luas, serta mempermudah interaksi
langsung dengan masyarakat. Hal ini menjadikan citra madrasah lebih modern,
terbuka, dan responsif. Dampaknya terlihat dari meningkatnya minat pendaftar dan
terbukanya peluang kerja sama dengan berbagai pihak eksternal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Muhammad nawail Qaisussari |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:11 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:11 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44935 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |