Fika Meisani,, Imelda (2025) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PADA PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH AL-MA’RUF DENPASAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
IMELDA_FIKA_MEISANI_(skripsi sekertaris) (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Imelda Fika Meisani, 2025: “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Pramuka Pada Peserta Didik Ma Al-Ma’ruf Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023”
Kata Kunci: peran guru, penanaman Pendidikan karakter, pramuka.
Guru akidah akhlak di sekolah Madrasah Aliyah Al-Ma’ruf memiliki peran andil di dalam penanaman pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka. Tujuan utama pendidikan karakter adalah membentuk individu yang memiliki akhlak mulia, nilai-nilai positif, dan mampu berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus pada penelitian ini sebagai berikut. 1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam penanaman pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka pada peserta didik Madrasah Aliyah Al-Ma’ruf Denpasar? 2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam penanaman pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka pada peserta didik Madrasah Aliyah Al-Ma’ruf Denpasar? 3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam penanaman pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka pada peserta didik Madrasah Aliyah Al-Ma’ruf Denpasar?
Tujuan penelitian ini sebagai berikut. 1) Mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam penanaman pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka pada peserta didik Madrasah Aliyah Al-Ma’ruf Denpasar 2) Mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam penanaman pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka pada peserta didik Madrasah Aliyah Al-Ma’ruf Denpasar 3) Mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam penanaman pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka pada peserta didik Madrasah Aliyah Al-Ma’ruf Denpasar.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research).Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber
Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut. 1) Peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam penanaman pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka dengan menyampaikan beragam materi tentang kepramukaan, sebelum itu guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi yel-yel agar pembelajaran lebih ceria dan semangat 2) Peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam penanaman pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka dengan cara membimbing dan mengarahkan peserta didik agar dapat memilah dan memilih mana yang baik dan tidak baik untuk pribadi masing-masing 3) Peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam penanaman pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka dengan memberikan motivasi yang berkaitan dengan fisik maupun mental agar peserta didik lebih semangat untuk belajar dan menjaga perilakunya sehingga mencerminkan perilaku yang sesuai dengan dasa dharma pramuka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | IMELDA FIKA MEISANI |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 08:01 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 08:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |