EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH ASHRI JEMBER

TSAQILA, FAIZATUL FITHRI (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH ASHRI JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
TSAQILA FAIZATUL FITHRI ( Bandel).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : Efektivitas, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Pembentukan Karakter.

Pembentukan karakter siswa menjadi aspek penting dalam dunia pendidikan, khususnya di tengah tantangan moral yang dihadapi pelajar saat ini. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs ASHRI Jember berperan dalam menanamkan nilai-nilai religius dan akhlak mulia. Namun, efektivitasnya dalam membentuk karakter secara menyeluruh masih perlu dikaji lebih dalam, sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran Al-Qur’an Hadits mampu membentuk karakter siswa secara nyata.
Fokus permasalahan didalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses efektivitas pembelajaran Al-Qur’an hadits terhadap pembentukan karakter siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawinah ASHRI Jember?, 2) Efektivitas pembelajaran Al-Qur’an hadits terhadap pembentukan karakter siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawinah ASHRI Jember?.
Tujuan permasalahan didalam penelitian ini: 1) Untuk mengetahui proses efektivitas pembelajaran Al-Qur’an hadits terhadap pembentukan karakter siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah ASHRI Jember, 2. Agar mengetahui efektivitas pembelajaran Al-Qur’an hadits terhadap pembentukan karakter siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah ASHRI Jember.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif teknik puposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabasahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses efektivitas pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs ASHRI Jember berjalan dengan baik dalam membentuk karakter siswa kelas VIII yang juga berstatus sebagai santri dan santriwati. Hal ini dilakukan melalui integrasi materi Al-Qur’an Hadits dalam kurikulum, penerapan metode interaktif seperti diskusi kelompok, studi kasus, kisah teladan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat (sebagai bentuk implementasi nilai sosial keislaman), serta dukungan lingkungan pesantren yang religius dan keteladanan guru. Evaluasi efektivitas dilakukan melalui observasi, penilaian akademik, refleksi diri siswa, dan keterlibatan orang tua. Pembelajaran ini berhasil menanamkan nilai-nilai karakter utama seperti kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, kepedulian sosial, kesabaran, dan rasa syukur, meskipun masih dihadapkan pada tantangan seperti rendahnya minat sebagian siswa dan pengaruh lingkungan luar madrasah. Sinergi antara guru Al-Qur’an Hadits dan wali kelas juga turut mendukung proses pembentukan karakter secara menyeluruh. Dengan pendekatan kontekstual dan spiritual yang d

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: TSAQILA FAIZATUL FITHRI
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:09
Last Modified: 01 Jul 2025 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44950

Actions (login required)

View Item View Item